10 Hektar Lahan di Wilayah Jalintim Bangka Dilahap Si Jago Merah

oleh -202 views

PANGKALPINANG, BERITABANGKA.COM – Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kembali terjadi di wilayah Jalan Lintas Timur (Jalintim) Kabupaten Bangka. Lahan seluas kurang lebih 10 hektar ludes dilalap si jago merah, Senin (09/09/19).

Kasi Pencegahan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bangka, Rachmansyah mengatakan, akibat kebakaran tersebut kurang lebih 10 hektar lahan ludes menjadi abu. “Kurang lebih 10 hektar. Pembakaran diduga dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Menurutnya, api diduga dari faktor kesengajaan yang mengakibatkan asap tebal menyelimuti jalan penghubung antara Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka.

“Asap tebal menyelimuti ruas jalan lintas timur hingga membuat jarak pandang terbatas,” ungkapnya. Akibat kebakaran tersebut petugas mengerahkan sebanyak empat unit mobil kebakaran.

“Dua unit mobil kebakaran satu unit mobil supplay PMI dan satu unit mobil supplay BPBD Babel kita kerahkan” terangnya. Lebih lanjut dikatakannya, petugas pemadam sempat kesulitan untuk memadamkan api karena tidak adanya akses jalan menuju titik api.

“Petugas masih melakukan siaga untuk memastikan api sudah benar-benar padam. Saya himbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran liar,” pungkasnya. (Ds)