89 Warga Binaan Rutan Muntok Bangka Barat Dapat Remisi

oleh -218 views

MUNTOK, BERITABANGKA.COM — Dalam rangka memperingati hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74, Rumah Tahanan (Rutan) Cabang Muntok Kabupaten Bangka Barat, memberikan remisi terhadap 89 warga binaan yang berhasil menunjukkan perubahan perilaku menjadi lebih baik, Sabtu (17/8/2019) siang.

Kepala Rutan Muntok, Asep Hoilid Abdullah mengatakan, saat ini rutan Muntok diisi sebanyak 245 orang yang terdiri dari 86 orang tahanan dan 156 narapidana.

“Yang mendapatkan remisi tahun ini berjumlah 89 orang, dengan rincian remisi umum satu bulan berjumlah 41 orang, remisi dua bulan berjumlah 18 orang, remisi 3 bulan 26 orang dan remisi 4 bulan berjumlah 4 orang,” jelasnya.

Bupati Bangka Barat, Markus, yang membacakan sambutan Kemenkumham menyampaikan kemerdekaan perlu disyukuri dan kemerdekaan adalah milik seluruh lapisan masyarakat. Hal ini berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 99 Tahun 2012 dan Keputusan Presiden Republik Indonesia nomor 174 Tahun 1999 tentang remisi.

“Warga binaan pemasyarakatan akan diberikan remisi pengurangan pidana. Pemberian remisi seharusnya tidak hanya dimaknai sebagai pemberian hak-hak pemasyarakatan.

Tetapi lebih dari itu remisi merupakan apresiasi negara terhadap warga binaan pemasyarakatan yang telah berhasil menunjukkan perubahan perilaku, memperbaiki kualitas dan meningkatkan kompetensi diri dengan mengembangkan keterampilan untuk dapat hidup mandiri,” ungkapnya.

Markus berharap melalui pemberian remisi ini seluruh warga binaan pemasyarakatan selalu patuh dan taat pada hukum dan norma yang ada sebagai bentuk tanggung jawab, baik kepada Tuhan yang kuasa maupun sesama manusia. (Oma)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *