Aktivitas TI Ilegal Alur Sungai Desa Nibung Makin Marak

oleh -262 views

KOBA, BERITABANGKA.COM – Alur sungai Desa Nibung dijadikan objek penambangan ilegal oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab.

Mereka melakukan aktivitasnya tanpa berpikir panjang menggarap lahan di alur sungai tersebut hanya untuk kepentingan pribadi.

Menurut keterangan dari Kades Nibung, Roni Pahrizal, para penambang kebanyakan dari warga Desa Nibung, Simpang Perlang, Koba dan sekitarnya.

“Kami dari pihak desa hanya bisa menghimbau dan menegur para penambang agar mencari lokasi lain untuk mereka garap, jangan melakukan aktivitasnya di Alur Sungai Desa Nibung ini karena rawan banjir saat musim hujan tiba,” terangnya Senin,(07/10/2019).

Roni beharap aktivitas tambang ilegal ini segera dihentikan karena jika terus menerus ditambang dirinya khawatir akan berakibat fatal bagi seluruh masyarakat Desa Nibung Kecamatan Koba.

“Semoga ada tindakan tegas dari aparat penegak hukum di Bateng terhadap para penambang ilegal yang membandel supaya memberikan efek jera terkait aktivitas yang mereka lakukan karena sudah merusak alam dan lingkungan serta fasilitas umum,” ungkapnya.

Menanggapi hal ini Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Ady Purnomo SIK SH MH menyampaikan akan melakukan penertiban dan sosialisasi kepada para penambang untuk segera menghentikan aktivitasnya.

“Kita akan lakukan pendekatan secara persuasif kepada para penambang dan meminta mereka untuk menghentikan aktivitasnya namun jika tidak digubris kita akan lakukan tidakan tegas,” tukasnya (frd)