Antisipasi ISPA, Dinkes PPKB Kota dan KC Babel Bagikan Masker

oleh -221 views

PANGKALPINANG, BERITABANGKA.COM — Dinas Kesehatan (Dinkes) Perlindungan Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Pangkalpinang bersama Komunitas Karimun Club Bangka Belitung membagikan masker kepada pengguna jalan, Senin (23/09/19).

Giat pembagian masker dilakukan di kawasan perempatan Kantor Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Kelurahan Air Itam, Kecamatan Bukit Intan.

Plt Kepala Dinkes PPKB Kota Pangkalpinang, Suriyanto, mengatakan pembagian masker dilakukan dalam rangka mengantisipasi meningkatnya Penderita Inpeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) yang diakibatkan oleh kabut asap Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Babel terutama di wilayah Kota Pangkalpinang.

“Total masker yang kami bagikan sebanyak 5.000 masker. Dalam pembagian kali ini kita bersinergi dengan komunitas Karimun Club Babel,” ujar Suriyanto usai melakukan pembagian masker

Menurutnya selain dibagikan kepada para pengendara roda dua, masker juga dibagikan kepada pengendara maupun para pegawai di lingkungan Pemkot Pangkalpinang.

“Memang tidak begitu siginifikan terkena dampak asap. Namun di beberapa titik seperti Selindung dan simpang Kecamatan Gabek sempat membuat mata masyarakat setempat perih akibat asap yang ditimbulkan karhutla,” ujarnya

Kita berharap dalam waktu dekat akan segera hujan, biar kondisi ini segera berlalu. Namun sembari menunggu kondisi kembali normal, kita tetap bagi-bagi masker bersama komunitas.

“Kita mengimbau agar masyarakat tetap menjaga kesehatan, perbanyak minum air putih dan tidak membakar lahan sembarangan,” imbuhnya

Sementara itu, Bendahara KC Babel, Tamrin juga mengatakan, pihaknya berencana membagikan masker secara mandiri. Namun ternyata, rencana tersebut seiring dan sejalan serta bertepatan dengan program dinkes.

“Kalau bisa bersama-sama, kenapa harus sendiri, apalagi tujuannya sama yaitu mengantisipasi dampak asap yang ditimbulkan dari karhutla,” katanya.

Sebagai member komunitas dia menyebutkan pihaknya siap bersinergi dan mendukung setiap program pemerintah. Terlebih program tersebut bersifat sosial dan untuk kepentingan masyarakat.

“Karimun Club Babel ini bukan hanya klub mobil, tapi lebih dari itu, kita harus bisa memberikan manfaat keberadaan kita bagi masyarakat. Kita berharap kondisi udara Pangkalpinang kembali normal,” harapnya. (Ds)