Bupati Bangka Panen Singkong Casesa di Desa Saing

oleh -193 views

SUNGAILIAT, BERITABANGKA.COM – Bupati Bangka Mulkan melakukan panen bersama singkong casesa program kemitraan Bank Sumsel Babel di Desa Saing Kecamatan Puding Besar.

“Kita selaku kepala daerah, tentunya sangat mendukung dari pada perekebunan-perkebunan, terutama perkebunan singkong casesa yang ada di Kabupaten Bangka ini,” kata Bupati dalam sambutannya, Jum’at (08/02/2019).

Bupati menambahkan, pertanian dan perkebunan merupakan sektor yang paling penting bagi masyarakat Kabupaten Bangka, apalagi di tingkat pedesaan. Sektor pertanian adalah sektor penunjang daripada pendapatan ekenomi kerakyatan masyarakat.

Sebelum keberadaan singkong casesa dan kelapa sawit, komoditi unggulan masyarakat Kabupaten Bangka adalah lada dan karet.

“Jadi silahkan kepada masyarakat kita, memilih apa yang lebih cepat dapat uang ataupun yang masih menunggu agak lama sedikit. Singkong casesa ini program jangka pendek, untuk masa panennya ada yang berumur 7 bulan, ada yang berumur 8 bulan dan satu (1) tahun juga ada. Kalau kelapa sawit, jangka panjang, baru lima (5) tahun baru bisa dipanen,” ungkapnya.

Dikesempatan tersebut, Bupati juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasihnya kepada seluruh stakeholder  yang telah mendukung program perkebunan singkong casesa terutama Bank Sumsel Babel dengan mengucurkan pinjaman dana kepada petani singkong casesa sebesar Rp.16 juta/ hektar

“Mudah-mudahan apa yang dikucurkan itu memang benar-benar tepat guna, jangan sampai nanti menghambur-hamburkan anggaran tetapi keberhasilan tidak ada. Bank Sumsel Babel harus selektif,” pesannya.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani Desa Saing Sularso dalam kesempatan tersebut menyampaikan apresiasi dan hormatnya teruntuk Bupati Bangka yang telah hadir ditengah-tengah petani singkong casesa di desaanya.

“ Kami, merasa sangat dihargai betul jerih payah kami. Di hari ini Pak Bupati Bangka memberikan bentuk kasih sayang kepada kami, dengan panen bersama singkong casesa, terima kasih Pak Bupati,” ujarnya

Dijelasakannya, terwujudnya kelompok tani Desa Saing, tidak terlepas dari dukungan seluruh pihak-pihak terkait, diantaranya adalah Kepala Desa (Kades) Saing, seluruh Kades se-Kecamatan Puding Besar, Camat Puding Besar, para PPL (penyuluh pertanian lapangan), dan pihak pabrik singkong casesa PT.Baturusa Prima.

“ Terima kasih juga yang sebesar-besarnya kepada pihak Bank Sumsel Babel, yang telah memberikan pinjaman modal untuk pembukaan lahan mulai dari steking, pembajakan, penanaman, pemupukan, dan perawatan,” ungkapnya

Dikesempatan yang sama, Pimpinan Bank Sumsel Babel Cabang Sungailiat Sadikin mengatakan pihaknya sangat mendukung program Pemerintah Kabupaten Bangka tersebut. Terkait hal itu pihaknya telah mengucurkan pembiayaan dana pinjaman kepada petani totalnya ada 509 orang dengan luas lahan sebanyak 462, 3 Ha dengan platform Rp.7,4 Milyar.

“ Mudah-mudahan, kami juga sangat yakin Allah SWT memberikan jalan bagi kita, InsyaAllah petani Desa Saing Kecamatan Puding Besar tambah sejahtera sesuai dengan visi misi Bupati Bangka “SETARA”,” pungkasnya

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Perekonomian Setda Kabupaten Bangka Dawami, Staf Ahli Bupati Bangka Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Setda Kabupaten Bangka Zulkarnain Idrus, Plt.Camat Puding Besar  Syarli Nopriansyah, S.S.T.P serta tamu undangan lainnya. (Pemkab Bangka)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *