Dana Desa Basel Tahun 2020 Rp 52,1 Miliar, Desa Payung Terbesar

oleh -780 views

* Riswadi: Prioritas pembangunan dana desa mempedomani Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019 Tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020

TOBOALI, BERITABANGKA.COM — Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memperoleh Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN Tahun Anggaran 2020 senilai Rp 52.151.045.000,00. Dana senilai tersebut diperuntukkan buat 50 desa yang ada di Bangka Selatan.

Hal ini dikatakan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah, Riswadi, S.Sos, M.Ak, saat mengikuti kegiatan Workshop Tata Cara Penghitungan Pembagian dan Penetapan Rincian Dana Desa Per Desa Tahun Anggaran 2020 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan di Jakarta.

Dikatakan Riswadi, agar dana desa tahap pertama dan kedua dapat langsung disalurkan pemerintahan desa diharapkan dapat segera menyelesaikan APBDes sebelum tahun anggaran berakhir.

“Pemerintahan Desa diharapkan dapat segera menyelesaikan APBDes sebelum tahun anggaran berakhir sehingga dana desa tahap 1 dan tahap 2 dapat langsung disalurkan ke desa,” kata Riswadi, Senin (7/10/2019) malam.

Menurut Riswadi, dana desa tahap 1 dan tahap 2 dapat langsung disalurkan ke rekening dana desa (RKD) apabila daerah dapat memenuhi kewajiban penyaluran dana desa ke RKD dalam kurung waktu 7 hari setelah dana desa diterima di RKUD.

“Insyaallah tahun depan bisa hasil laporan monitoring BPKP atas penyaluran dana desa dari RKUD ke RKD sesuai dengan batas waktu yang ditetapkan,” tandas Riswadi.

Lebih jauh Riswadi mengatakan, kebijakan dana desa tahun 2020 akan diarahkan untuk meningkatkan pelayanan publik di desa, mengentaskan kemiskinan, memajukan perekonomian desa, dan mengatasi kesenjangan pembangunan antar desa.