Dinas Pertanian Sosialisasikan Aplikasi DataHub Kepada Penyuluh Pertanian

oleh

Pangkalpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas komoditi lada. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan menyelengggarakan pelatihan penerapan penggunaan teknologi terhadap tenaga penyuluh pertanian di seluruh wilayah di Bangka Belitung.

Pelatihan penerapan penggunaan teknologi tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Beltiung. Menurut Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Toni Batubara, kegiatan tersebut bertujuan supaya dapat meningkatkan produktivitas hasil perkebunan lada Pemerintah Provinsi dengan memanfaatkan aplikasi sekaligus dapat mempermudah petugas penyuluhan dalam penerapan teknologi untuk peningkatan dan produktivitas hasil perkebunan lada.

” Sosialisasi dan penerapan teknologi dengan memanfaatkan sebuah aplikasi yang dinamai DataHub. Tujuannya adalah supaya mempermudah para penyuluh mendapatkan data pertanian lada dengan benar,” terang Toni, sesaat setelah selesai acara Pembekalan Aplikasi Pemetaan dan Pendataan Lada, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Kepulauan Bangka Belitung pada hari Rabu (16/05/2018 ).

Sebanyak 360 tenaga penyuluh pertanian diberikan pelatihan dalam penggunaan aplikasi DataHub tersebut. Selain untuk meningkatkan hasil lada di Bangka Belitung, pelatihan tersebut akan memberikan pemahaman kepada para petani untuk mendapatkan data pertanian dengan lengkap mulai dari jumlah petani, luas lahan yang digunakan, produksi yang dihasilkan, jumlah tanaman yang telah menghasilkan, serta penggunaan pupuk dapat dipantau secara cepat dan akurat sehingga memiliki data yang valid.

Toni juga menyatakan sosialisasi terhadap kegiatan pelatihan ini akan dilaksanakan pada tingkat Balai Penyuluhan dimasing-masing Kabupaten di Bangka Belitung. “Kita berharap tenaga penyuluh dapat bekerja dengan baik dalam mendata produksi lada. Dengan adanya aplikasi DataHub ini juga kinerja para tenaga penyuluh dapat termonitor dan terpantu dimana saja dan kapan saja.

Toni juga menjelaskan tugas penyuluh adalah membina petani, kelompok tani, serta Gabungan Kelompok Petani. “Diharapkan kegiatan ini dapat menambah kecerdasan dan kinerja tenaga penyuluh serta semangat para petani untuk bertani lada secara maksimal,” kata Toni Batubara.
Sumber:
Dinas Kominfo
Penulis:
Erwin
Fotografer:
Erwin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *