Disbudpar Terima Kunker Pansus I DPRD Bangka Tengah

by -75 views

PANGKALPINANG,BERITABANGKA.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menerima kunjungan anggota pansus I DPRD Kabupaten Bangka Tengah, di ruang rapat kantor Disbudpar Babel, Air Itam, Pangkalpinang, Jum’at (8/3/2019).

Kunjungan ini berkaitan dengan pembahasan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bangka Tengah tentang Rancana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2019-2025.

Kepala Disbudpar Babel diwakili Sekretaris, Engkus Kuswenda yang menerima kunjungan mengatakan bahwa koordinasi dan sinkronisasi dibutuhkan untuk memantapkan perencanaan pengembangan pariwisata.  

“Kami sangat senang menerima kunjungan ini. Kita dapat saling berkoordinasi dan melakukan sinkronisasi untuk memantapkan perencanaan pengembangan pariwisata di kabupaten/kota se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” kata Engkus saat membuka pertemuan.

Ketua Pansus I DPRD Bangka Tengah, Edi Purwanto mengatakan bahwa kunjungan ini merupakan bentuk suatu rujukan dalam rangka menyempurnakan Ripparkab.

“Sebelumnya kami sudah ke Kementerian Pariwisata. Kami berharap dengan keterbatasan yang ada, tetap dapat mengembangkan destinasi pariwisata di Bangka Tengah. Kami ingin menyempurnakan Ripparkab,” kata Edi.

Edi menginginkan agar penyusunan Ripparkab dapat dibuat sebaik mungkin, sesuai dengan potensi yang ada.  

“Bangka Tengah tidak memiliki pantai tandingan seperti Belitung. Kami ingin mengangkat nilai jual lain dengan kearifan lokal yang ada di kami. Agar Ripparkab Bangka Tengah berbeda dari kabupaten/kota lainnya. Bukan produk copy paste,” ujarnya.

Berkaitan hal itu, Kepala Seksi Daya Tarik Pariwisata Yuliarsyah menyarankan agar penyusunan Ripparkab disesuaikan dengan RTRW.

Terdapat sebelas anggota Pansus I DPRD Kabupaten Bangka Tengah yang ikut dalam pertemuan ini. Masukan dan saran lainnya juga disampaikan oleh Bidang SDP, Ekraf, dan Kelembagaan Pariwisata, serta Bidang Kebudayaan.

Dari masukan yang dihimpun, koordinasi masih dilanjutkan untuk menggali lebih dalam hal-hal yang perlu dipertimbangkan guna menyempurnakan Ripparkab Bangka Tengah.

  Sumber: Dinas KominfoPenulis: Ernawati Arif Fotografer: Ernawati ArifEditor: Fitra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *