DKP Babel Sampaikan Aktivitas Trawl di Babar ke KKP RI

oleh -449 views

*Nelayan : Bisa Sampai Ratusan. Kebanyakan dari Sukadamai Toboali dan Sungsang

MUNTOK, BERITABANGKA.COM — Menanggapi kabar tentang aktivitas kapal trawl di perairan Bangka Barat yang meresahkan nelayan tradisional membuat Kabid Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan DKP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Fhores Ferado turun langsung ke lokasi, Minggu (6/10/19).

Fhores langsung menemui para nelayan di Pelabuhan Nelayan Limbung dan Pantai Tembelok, Tanjung Kalian Muntok.

Dikatakannya, berdasarkan informasi terakhir yang ia dapat dari para nelayan, beberapa hari belakangan ini, aktivitas kapal trawl mulai berkurang.

“Tadi saya sudah cek dan bertemu sejumlah nelayan di Pelabuhan ikan Muntok. Beberapa hari ini kata mereka volume trawl sudah berkurang, namun bukan berarti tidak ada,” ungkapnya.

Dilanjutkannya, sejumlah kapal trawl yang beroperasi di perairan Bangka Barat berasal dari Toboali, Kabupaten Bangka Selatan yang berpindah lokasi pasca mendapat penolak dari kelompok nelayan setempat. Bahkan ada beberapa kapal yang sudah diamankan tim terpadu.

Mengenai keluhan nelayan tentang maraknya aktivitas kapal trawl, kata Fhores pihaknya sudah sampaikan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.