DPRD Kalimantan Utara Gali Ilmu ke DPRD Bangka Belitung

oleh

Pangkalpinang, Beritabangka.com -Bertempat di ruang Banmus DPRD, Komisi I DPRD Bangka Belitung sambut kedatangan Komisi I DPRD Kalimantan Utara (Kaltara). Pertemuan dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I, Adet, Kamis pagi (22/03/18).

DPRD Kaltara yang digawangi Sekretaris Komisi I, Kosmas Kajan, SS sangat berterima kasih dan mengapresiasi kesediaan DPRD Babel untuk dijadikan tempat mereka belajar terkait pelaksanaan fit and proper test calon Anggota Komisi Informasi Daerah Provinsi Kalimantan Utara.

“Kami akan sampaikan kepada teman – teman di DPRD Kaltara bahwa kami disambut dengan keramahtamahan, terlebih personil Komisi I DPRD Babel juga lengkap. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami. Jadi, tidak salah Komisi Informasi Pusat mereferensikan kami untuk konsultasi ke sini,” ungkap Kosmas.

Adet paparkan bahwa Komisi I DPRD Babel telah melakukan fit and proper test calon anggota KID Babel pada Desember 2017.

Test ini diikuti oleh sepuluh (10) orang sesuai dengan nama – nama calon yang disampaikan Diskominfo Babel kepada DPRD kemudian kami menentukan Lima (5) calon anggota terpilih berdasarkan skor tertinggi. Dan pelaksanaan Fit & Proper test ini dipimpin langsung oleh Ketua DPRD, Didit Sri Gusjaya.

Anggota Komisi I DPRD Kaltara, Andi Zakaria menanggapi penjelasan Adet ingin mengetahui secara detail tentang kriteria Calon Anggota KID.

“Kami menetapkan enam (6) kriteria penilaian yang terdiri dari Kemampuan berbahasa, materi paparan, kompetensi calon, integritas, komitmen dan penampilan, performance,” jelas Adet.

Adet mengingatkan bahwa keterwakilan perempuan harus kita perhatikan. Selain itu, KID Babel juga diisi oleh anggota terpilih dari unsur pemerintah.

“DPRD harus berkoordinasi dengan KID. Semakin sedikit laporan atau aduan masyarakat ini menunjukkan bahwa KID memang benar – benar bekerja,” tutup Adet dalam pertemuan ini.

Berita : Utari
Fotogràfer : Humas Sekretariat DPRD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *