Gaji ASN Basel pada Sejumlah OPD Sudah Dapat Diajukan ke Bakuda

oleh -217 views

* Riswadi: Sudah saya instruksikan kepada rekan-rekan Bakuda di bidang anggaran dan perbendaharaan untuk membantu kelancaran proses pencairan gaji ASN Bangka Selatan

TOBOALI, BERITABANGKA.COM — Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda) Kabupaten Bangka Selatan selaku Bendahara Umum Daerah (BUD), Riswadi, S.Sos, M.Ak, mengatakan gaji pegawai di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sudah bisa diajukan ke Bakuda pada hari ini, Selasa (8/10/2019).

Selesainya pembuatan Surat Penyediaan Dana (SPD) secara sistem menjadi salah satu alasannya.

“Insya Allah hari ini gaji OPD sudah bisa diajukan ke Bakuda, proses pembuatan SPD secara sistem sudah selesai,” kata Riswadi, Selasa (8/10/2019) pagi.

Atas keterlambatan pencairan gaji ini, Pemkab Bangka Selatan melalui Bakuda meminta maaf. Keterlambatan proses pembayaran gaji ASN ini akibat permasalahan teknis administrasi penyelesaian Perda APBD Perubahan (APBDP).

“Hari ini kami sampaikan bahwa proses pembuatan SPD dalam aplikasi SIMDA sudah selesai dan selanjutnya OPD sudah dapat mengajukan SPM LS gaji ke Bakuda. Sudah saya instruksikan kepada rekan-rekan Bakuda di bidang anggaran dan perbendaharaan untuk membantu kelancaran proses pencairan gaji ASN Bangka Selatan,” tandas Riswadi.

Disamping itu, Riswadi menginformasikan kepada para pejabat perbendaharaan daerah yang mengelola uang persediaan bahwa kebijakan keuangan daerah Bangka Selatan telah mengakomodir bukti pertangjawaban keuangan yang sulit dikuitansikan dengan cukup membuat daftar rincian pembayaran yang ditanda tangani Pejabat Pembuat Komitmen (PPK).

“Dalam waktu dekat Bakuda akan melakukan penyederhanaan berkas pengajuan SP2D, saat ini masih dalam tahap harmonisasi di internal. Kami berupaya terus meningkatkan pelayanan yang cepat, tepat, dan akurat, tanpa mengabaikan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan daerah,” pungkas Riswadi. (Mar)