Granat Aktif Ditemukan di Aliran Sungai Gudang Padi

oleh -308 views

PANGKALPINANG, BERITABANGKA.COM — Sebuah granat diduga masih aktif di temukan oleh warga di aliran sungai gudang padi Kelurahan Pasar Padi Kacamatan Girimaya Kota Pangkalpinang, Selasa (12/11/19).

Penemuan tersebut berawal saat warga yang diketahui bernama Otok warga Kelurahan Bacang bersama kerabatnya Untung sedang mencari barang bekas dialiran sungai tersebut.

Kabag Ops Polres Pangkalpinang, Kompol Jadiman Sihotang seizin Kapolres Pangkalpinang saat ditemui membenarkan telah ditemukan sebuah granat oleh warga di daerah aliran sungai gudang padi Kota Pangkalpinang.

“Granat ditemukan oleh warga saat sedang mencari barang bekas di aliran sungai gudang padi,” kata Kabag Ops, Jadiman Sihotang saat ditemui di Polres Pangkalpinang.

Lanjut dikatakannya, kemudian keduanya langsung membawa granat itu ke Polres Pangkalpinang sekalian melaporkan. ” Kedua orang itu membawa barang temuan berupa granat ke Polres Pangkalpinang dengan menggunakan kresek yang berisikan air,” ungkapnya.

Terkait penemuan granat tersebut, Tim dari Polres Pangkalpinang berkoordinasi langsung ke Brimob Polda Kepulauan Bangka Belitung.

“Kita langsung melaporkan penemuan granat tersebut ke Brimob Polda Bangka Belitung untuk di tindaklanjuti.Kemudian granat tersebut langsung diamankan oleh Tim Jihandak Gegana Polda Babel” tuturnya.

Sementara itu, Kasubden 2 Gegana Polda Kepulauan Bangka Belitung, IPTU Yudi Ardiansyah menyebutkan, granat tersebut tipe granat militer berjenis nanas. ” Granat itu masih aktif dan memang didesain tahan lama atau awet. Asalkan platuknya jangan dicabut,” terangnya.

Kepada masyarakat apabila menemukan granat jangan langsung diganggu dan jauh dari lokasi penemuan tersebut. “Cukup laporkan. Karena takut akan meledak apabila kita salah memegang,” pungkasnya. (sand)