Hadiri Buang Jung, Justiar: Banyak yang Malu dengan Budaya Sendiri

oleh -609 views

TANJUNG SANGKAR, BERITABANGKA.COM — Suku Sekak, yang merupakan salah satu kelompok masyarakat yang hidup dan menetap di desa Kumbung dan desa Tanjung Sangkar, Kecamatan Lepar Pongok, Bangka Selatan kembali menggelar Tradisi Buang Jung tahun 2019 ini, Senin (15/7/2019).

Tradisi Buang Jung merupakan tradisi menolak bala dan wujud rasa syukur atas tangkapan hasil laut yang melimpah. Selain itu, tradisi ini sekaligus memohon perlindungan kepada Tuhan, Penguasa Seluruh alam. Tradisi ini, sampai saat ini masih hidup dan terus berkembang berkat kepedulian tokoh budaya dan tokoh masyarakat Desa Kumbung.

“Banyak filosofi yang bisa kita ambil dari ritual buang Jong ini, satunya adalah sebagai wujud rasa syukur terhadap alam, gotong royong dan sebagai jembatan silaturahmi antar sesama yang ada dalam masyarakat kita yang masih tetap terjaga,” kata Bupati Bangka Selatan, Justiar Noer saat menghadiri acara.

Justiar menyadari, generasi saat ini banyak yang malu dengan budaya daerahnya sendiri. Bahkan banyak yang tidak tahu dengan tata cara adat istiadat budaya daerah yang pernah berkembang di Bangka Selatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *