Kualitas SDM yang Lebih Baik Melalui Otonomi Daerah yang Kreatif dan Inovatif

oleh -145 views

PANGKALPINANG, BERITABANGKA.COM – Pemerintah Kota Pangkalpinang melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menggelar pelaksanaan upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXIII yang berlangsung di halaman Kantor Walikota Pangkalpinang, Kamis (25/04/2019).

Kegiatan yang bertema “Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia Yang Lebih Baik Melalui Penyelenggaran Otonomi Daerah Yang Kreatif dan Inovatif” dipimpin langsung oleh Walikota Pangkalpinang Maulan Aklil atau akrab disapa Molen.

Amanat Menteri Dalam Negeri yang disampaikan langsung Maulan Aklil menyebutkan peringatan ini merupakan refleksi dari masyarakat kepada pemerintah dalam meningkatkan kualitas SDM untuk memberdayakan otonomi daerah dalam mewujudkan kemandirian dan kemajuan maupun kesejahteraan daerah.

Menurut Molen, perjalanan otonomi daerah pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai.

“Otonomi daerah telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas dalam mengembangkan kreativitas dan inovasi,” tutur Molen.

Lebih lanjut Molen katakan, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini, maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus melalui proses panjang dan berbelit belit tetapi menjadi sangat efisien dan resfonsif melalui kebijakan desentralisasi.

Pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola dan menggarap potensi ekonomi yang ada di dearah sehingga dapat tumbuh dengan pesat.

“Hal strategis yang dapat diperoleh dari kegiatan ini adalah kita akan mempunyai data yang lengkap untuk mengambarakan penyelenggaraan pemerintahan daerah serta menjadi dasar pemerintah untuk menentukan kebijakan lebih lanjut dalam rangka meningkatkan kapasitas pemerintah daerah sesuai dengan kondisi dan potensi masing masing daerah,” pungkas Molen. (DS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *