LPPD dan LPJ APBDesa Tahun 2018 Belum Kelar, 28 Desa Diinstruksikan Segera

oleh -577 views

TOBOALI, BERITABANGKA.COM — Sebanyak 28 Desa di Bangka Selatan belum menyampaikan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LPPD) dan Laporan Pertanggung Jawaban (LPJ) Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Tahun Anggaran 2018.

Menurut data yang berhasil dihimpun, per 15 Mei 2019, Pemerintah Desa (Pemdes) yang telah menyampaikan LPPD dan LPJ APBDes kepada Bupati melalui camat baru berjumlah 22 Desa. Sehingga dari 50 Desa yang ada di Bangka Selatan, masih terdapat 28 Pemdes yang belum menyampaikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak , Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPPPAPMD) Bangka Selatan melalui Kepala Bidang Administrasi, Keuangan dan Aset Desa, Reza Fahlevi, S.IP., M.A.P. mengatakan, Desa se-Bangka selatan sudah menyelesaikan Laporan Keterangan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa (LKPPD) sebagai pertanggungjawaban kepada Badan Permusyarawatan Desa (BPD) dan LPPD akhir tahun kepada Bupati Bangka Selatan.

“Memang ada sebagian desa yang belum menyampaikan ke Kabupaten. Meski demikian, saat ini sudah dalam proses mengantarkan ke Kabupaten. Saat Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) turun ke lapangan, berkas yang masuk per tanggal 15 mei baru sebanyak 22 Desa. Sehingga muncul dalam LHP BPK terkait 28 Desa yang belum menyampaikan,” kata Reza, Kamis (11/7/2019).

Dijelaskannya, menurut Permendagri Nomor 46 Tahun 2016 Tentang Laporan Kepala Desa, batas terakhir pengumpulan LPPD Dari desa ke Bupati melalui Camat adalah 3 bulan setelah habis Tahun Anggaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *