[Opini] Pengelolaan Aset, Beban Berat Bangka Selatan Raih Opini WTP

oleh -3.518 views

Oleh: Martono
Kepala Biro Bangka Selatan Beritabangka.com

Dalam dua tahun terakhir yakni 2017 dan 2018, Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mendapat opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Bangka Belitung atas Laporan Keuangannya.

Persoalan yang selalu menjadi ‘beban’ daerah ini memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), salah satunya berasal dari permasalahan aset tetap.

Pada Tahun Anggaran 2017 yang lalu, beberapa permasalahan atas aset yang disinyalir menjadi temuan diantaranya nilai mutasi tambah aset tetap Tahun Anggaran 2015 senilai Rp733,3 Miliar dari Rp1,058 Triliun. Dan mutasi kurang aset tetap Tahun Anggaran 2015 senilai Rp709,291 Miliar dari Rp823,893 Miliar yang merupakan nilai saldo awal aset tetap Tahun Anggaran 2016 masih tidak dapat ditelusuri.

Selisih nilai aset tetap per tanggal 31 Desember 2016 antara SIMDA BMD dengan kertas kerja bidang aset, selain persoalan bukti kepemilikan 70 unit kendaraan dinas yang tidak diketahui keberadaannya, juga persoalan yang menjadi pekerjaan rumah.

Permasalahan aset peralatan dan mesin pada UPB Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DKPPKB) yang tidak diketahui keberadaanya senilai Rp6,751 Miliar, dan tidak sesuai ketentuannya pengelolaan 253 kendaraan dinas pada Sekretariat Daerah Bangka Selatan ikut menyumbang perolehan opini yang diraih daerah yang berada di ujung selatan pulau Bangka itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *