Pimpin Gerakan Penghijauan Bukit Mangkol, Ini Pesan Penting Gubernur Erzaldi

oleh

PANGKALANBARU—Diwarnai hujan rintik-rintik dan panorama indah gugusan bukit, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman terlihat semangat melakukan penanaman pohon, pelepasan burung dan dan launching Forum Peduli Mangkol. Acara yang digelar di kawasan Taman Hutan Raya (TAHURA) Bukit Mangkol pada Sabtu (12/5) itu melibatkan juga sejumlah pihak seperti pramuka dari beberapa SLTA, Pemuda Budha, dan komunitas pecinta hewan Babel.
Dalam sambutannya Erzaldi antara lain menyatakan, semua pihak dan komponen masyarakat harus memiliki kepedulian untuk menjaga kawasan hutan Bukit Mangkol yang posisinya sangat strategis bagi Kota Pangkalpinang dan Bangka Tengah. “Kegiatan menanam pohon di kawasan Bukit Mangkol memang harus dilakukan secara terus-menerus sehingga kelestarian alamnya tetap terjaga. Jika alamnya tetap terjaga dengan baik, maka akan mencegah terjadinya bencana banjir di Kota Pangkalpinang maupun Bangka Tengah,” pesan Erzaldi.
Selain itu Erzaldi juga berharap agar jumlah tanaman yang ditanam di kawasan Bukit Mangkol didata dengan baik. “Bibit tanaman juga harus memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga bisa dijaga oleh masyarakat itu sendiri karena memberikan manfaat bagi kehidupan mereka,” imbau Erzaldi.
Untuk itu kata Erzaldi perlu juga dibentuk komunitas-komunitas pecinta lingkungan. “Ciptakan pola dimana selain untuk menjaga kelestarian alam juga bisa memberikan manfaat untuk para pengelolanya sendiri,” pesan Erzaldi.
Sebelum melakukan penghijauan di kaki Bukit Pao dan Bukit Mangkol, Erzaldi juga sempat melantik para anggota Forum Peduli Mangkol yang akan menjadi perintis upaya pelestarian Bukit Mangkol yang nantinya akan melibatkan para pemuda di 11 desa di kawasan Pangkalanbaru dan Bangka Tengah. Kemudian Erzaldi juga melepaskan burung ke alam liar Bukit Mangkol bersama Kepala Dinas Kehutanan Babel, Marwan, pengelola kawasan Djohan Riduan Hasan dan Ahmadi Sofyan serta undangan lainnya.
Setelah itu, dengan berjalan kaki sejauh sekitar 700 meter, Erzaldi dan rombongan menuju lokasi penanaman pohon. Kendati jalan setapak sangat licin dan dipenuhi kubangan lumpur sehabis hujan namun Erzaldi tetap semangat melangkah. Rasa letih pun akhirnya terbayarkan tatkala upaya penghijauan usai dilakukan. Apalagi kegiatan ini melibatkan para pemuda. Kelak, mereka inilah yang akan menjaga dan mewarisi kawasan Bukit Mangkol sehingga tetap hijau dan lestari.

Sumber:
Dinas Kominfo
Penulis:
Irwanto
Fotografer:
Irwanto/Ahmadi Sofyan
Editor:
Irwanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *