Polres Bangka Barat Perketat Pengawasan Pelabuhan Tanjung Kalian

oleh -205 views

*Menutup Ruang Oknum-oknum yang akan Membawa Masuk maupun Keluar Barang Ilegal

MUNTOK, BERITABANGKA.COM — Kapolres Bangka Barat AKBP Muhammad Adenan mengerahkan personelnya untuk memperketat pengawasan di Pelabuhan Tanjung Kalian kecamatan Muntok Kabupaten Bangka Barat, Rabu (9/10/19) malam.

Dikatakan Adenan, target dari pihak kepolisian adalah menutup ruang dari oknum-oknum yang akan membawa masuk maupun keluar barang Ilegal mengingat pelabuhan Tanjung Kalian adalah salah satu pintu masuk ke pulau Bangka.

“Pelabuhan Tanjung Kalian adalah sasaran utama untuk mengawasi barang-barang illegal di Bangka Barat. Karena ini pintu gerbang utama untuk keluar masuk yang ada di Pulau Bangka,” kata Kapolres.

Selain itu, Kapolres menyampaikan bahwa alasan lain pelabuhan Tanjung Kalian yang dijadikan sasaran utama untuk mengawasi keluar masuk barang-barang illegal di Bangka Barat karena berhadapan langsung dengan pulau Sumatera.

“Yang kedua pelabuhan ini langsung berhadapan dengan Provinsi Sumatera Selatan. Maka, kita anggap pelabuhan ini adalah sasaran yang paling tepat untuk mengawasi keluar masuknya barang-barang illegal di Bangka Barat,” terangnya.

“Selain itu, peningkatan pengawasan akan lebih terfokus pada jalur-jalur laut lainnya, seperti alur sungai yang menghubung langsung ke laut,” tambahnya.

Sementara, Kasat Tahti Polres Bangka Barat, AKP Edwar yang terlibat pada Giat Pemeriksan di Tanjung kalian menyampaikan pihaknya memeriksa kelengkapan kendaraan hingga identitas para penumpang kapal.

“Sasaran kami yakni truk yang bermuatan barang-barang baik yang masuk maupun keluar. Kita cek satu per satu. Selain itu, kami juga mengecek untuk memastikan kelengkapan surat-surat kendaraan serta identitas pemilik maupun identitas pengedara truk itu sendiri,” ungkapnya. (Oma)