Porwil X Sumatera 2019 Babel Juara Umum Atletik dan Panjat Tebing

oleh -229 views

PANGKALPINANG, BERITABANGKA.COM — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Babel) sambut kedatangan rombongan Kontingen Babel di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, Minggu (10/11/19).

Kedatangan rombongan Kontingen Bangka Belitung tersebut usai melaksanakan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) ke X Sumatera yang berlangsung di Bengkulu.

Ketua KONI Bangka Belitung, Elfandi mengungkapkan, secara perolehan medali Bangka Belitung melonjak sangat drastis dan meraih peringkat 5 (Lima).

“Perolehan medali naik drastis. Kita mendapatkan 63 medali secara overall. Pemerataan prestasi sangat luar biasa. Sesuai taget” kata Elfandi.

Menurutnya, Babel hampir disemua lini bisa bersaing dengan provinsi lain. “Bayangkan, atletik mengirimkan 35 atlet dan bisa meraih 37 medali. Ini lebih dari total jumlah atlit,” tuturnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari cabang yang selama ini tidak pernah memperoleh medali seperti Tinju, Muay Thai, Biliard, Renang.Pada saat Porwil kali ini semua mendapat medali dan lolos PON.

“Sacara overaal kita katakan sukses. Babel tetap mempertahan juara umum di dua cabang terukur yakni cabang atletik dan cabang panjat tebing,” ungkapnya.

Selain itu menurutnya, dari cabang non terukur Babel tidak bisa bersaing secara maksimal. “Cabang non terukur adalah cabang yang subjektif,” jelasnya.

Sekali lagi ia apresiasikan kepada seluruh atlet yang bertanding maupun kepada para pelatih dan Pemerintah yang telah memberikan suport.

“Mudah mudahan ini berlanjut menuju PON Papua. Jangan puas!! Semua yang lolos PON menjadi modal kekuatan untuk meraih emas. Dan Babel bisa naik peringkat,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dispora Provinsi Babel, Suharto menambahkan, dengan masuknya Babel di peringkat lima pada Porwil Sumatra X Bengkulu ini menandakan adanya peningkatan prestasi.

“Secara teknis ini ada peningkatan prestasi terutama pada cabor yang tidak pernah muncul pada PON,” ungkapnya.

Ia juga berharap, kurang lebih 90 atlet yang lolos PON nanti kita bersama sama harus bekerja keras.” Petahkan mana yang kira kira memiliki peluang harus diperhatikan betul.

“Terutama atletik dan panjat tebing harus di genjot semaksimal mungkin. Karena ini ladangnya medali.Dan tidak menutup kemungkinan yang lain juga harus digenjot,” tutupnya. (sand)