Sejumlah Parpol Belum Menyerahkan Berkas ke KPU Bangka Barat

oleh

Babar, beritabangka.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bangka Barat (Babar) hingga 2 hari terakhir menjelang akhir pemberkasan Calon Anggota Legislatif yang akan berakhir Selasa (17/7) mengatakan, dari 16 parpol masih banyak Partai Politik (Parpol) yang belum mendaftar berkas pencalonan ke kantor KPU.

“Terkait dengan jumlah parpol yang sudah mendaftar berkas pencalonan anggota legislatif di kabupaten Babar, kemarin baru satu partai politik, yaitu Partai Bulan Bintang dengan mendaftarkan sebanyak 25 calon anggota legislatif mereka di tiga dapil,” ungkap Ketua KPU Bangka Barat, Pardi, S.Si, Senin (16/7) pagi.

Ia mengatakan, pihak KPU terus menunggu para parpol untuk mendaftarkan para caleg mereka yang akan bertarung pada 2019 mendatang.

“Hari ini kita masih menunggu, ada beberapa partai yang telah berkoordinasi kepada kita, salah satunya ada Nasdem, PKB, Haruna dan Gerinda, informasinya hari ini akan menyampaikan berkas pencalonan,” tambahnya.

KPU sendiri pada saat ini sudah siaga dari pukul 08.00 wib sampai 16.00 wib. Namun untuk hari terakhir besok (17/7), KPU buka dari pukul 08.00 sampai Pukul 24.00 WIB, mengingat besok adalah hari terakhir untuk pengajuan berkas pencalonan legislatif.

Pardi mengatakan keterlambatan Parpol untuk menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU diduga karena terkendala input ke aplikasi Silon.

“Kemudian ada kendala mungkin yang dilaporkan oleh beberapa Partai politik adalah terkait dengan proses input mereka yang belum selesai yang jadi kendala bagi mereka, jadi input ke dalam aplikasi Silon dari beberapa partai politik yang belum selesai sehingga mereka belum mengumpulkan berkas,” katanya.

Bertepatan Senin (16/7) siang, Mansah, Ketua DPD dan Sekjen Partai Nasdem Babar Riandi, bersama para Bacaleg mendaftarkan berkas ke KPU Bangka Barat.

Mansah mengatakan, pendaftaran Bacaleg mereka sudah 90 persen selesai, hanya beberapa berkas Silon masih blank namun mereka akan segera melengkapi sesegera mungkin.

“Kita sudah sampaikan ke KPU berkenaan dengan berkas Bacaleg, dan untuk Silon udah di submit dan memang ada beberapa berkas yang masih blank yang belum masuk ke sistem, nanti kita akan submit ulang. Untuk berkas sendiri sudah diterima KPU, dengan kondisi 90% clear, dan ada beberapa catatan yang artinya belum lengkap dalam artian misalnya ada fotokopi tapi belum dilegalisir seperti ijazah, nanti akan ada waktu perbaikan yang diberikan oleh KPU,” paparnya.

Partai Nasdem sendiri dikatakan Mansah, memiliki 25 Bacaleg dari 3 dapil dan ia mengatakan perjuangan melengkapi berkas adalah dari awal perjuangan yang sebenarnya.

“Pertama kita sudah sampaikan ke KPU, sekarang tugas kita tinggal memperbaiki yang kurang dan tugas yang paling berat adalah bagaimana memenangkan target-target kursi yang sudah diamanatkan. Kepada teman-teman yang sudah berjuang melengkapi berkas, itu baru awal perjuangan, kedepan kita akan menghadapi perjuangan yang lebih berat memenangkan hati masyarakat Bangka Barat,” katanya.

Reporter : Oma Kisma
Editor : Martono

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *