Sekilas Sistem Pelayanan Langsung Kepada Penduduk, Si Pelanduk

oleh -222 views

PANGKALPINANG, BERITABANGKA.COM — Di era yang serba instan seperti sekarang ini, sangat dimaklumi jika masyarakat menginginkan agar pelayanan yang diberikan oleh pemerintah dapat diakses secara mudah dan cepat.

Bahwa dalam penyelenggaraan pelayanan publik, aparatur pemerintah bertanggung jawab untuk memberikan pelayanan yang terbaik secara efektif dan efisien kepada masyarakat sebagaimana yang diamanatkan dalam perundang-undangan.

Efisiensi pelayanan adalah perbandingan terbaik antara input dan output pelayanan. Secara ideal, pelayanan akan efisien apabila birokrasi pelayanan dapat menyediakan input pelayanan, seperti prosedur atau waktu pelayanan yang meringankan masyarakat pengguna jasa.

Demikian pula pada sisi output pelayanan, birokrasi secara ideal harus dapat memberikan produk pelayanan yang berkualitas, terutama menyangkut aspek prosedur dan waktu pelayanan itu sendiri.

Sementara efektivitas pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemerintahan sendiri adalah dimana ukuran berhasil tidaknya pencapaian tujuan organisasi tersebut dalam memberikan pelayanan kepada publik.