Vetiver Mencegah Longsor dan Erosi di Pameran Jiexpo Kemayoran

  • Whatsapp

BNPB mengenalkan lebih dekat kepada masyarakat beberapa tanaman yang memiliki kemampuan untuk mitigasi bencana seperti tanaman Vetiver.

Seperti diketahui, Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Kepala BNPB untuk melakukan penanaman tanaman yang memiliki kemampuan untuk mencegah tanah longsor dan erosi seperti tanaman Vetiver yang dapat menahan aliran hujan deras dan menjaga kestabilan tanah sebagai langkah upaya mitigasi bencana saat meninjau lokasi longsor 5 Januari 2020 lalu.

Bacaan Lainnya

“BNPB berpartisipasi dalam pameran dengan tema Solid Bergerak Mewujudkan Indonesia Negara Industri Berbasis Riset dan Inovasi Nasional yang diadakan oleh Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan pada 10-12 Januari 2020 di Jiexpo Kemayoran Jakarta,” Agus Wibowo, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Sabtu 11 Januari 2020.

Dikatannya bibit-bibit Vetiver disiapkan untuk sosialisasi kepada masyarakat yang mengunjungi pameran ini. Vetiver atau akar wangi adalah sejenis rumput dengan nama latin Chrysophogon Zizaionide.

Jarang orang tahu bahwa tanaman vetiver memiliki banyak manfaat yang baik terhadap lingkungan hidup. Manfaat dari tanaman Vetiver antara lain bagian daunnya dapat bermanfaat menyerap karbon, pakan ternak, mengusir hama, bahan atap rumah, dan bahan dasar kertas.

“Pada bagian akarnya bermanfaat mencegah longsor dan banjir, memperbaiki kualitas air, melindungi infrastruktur, menyerap racun, dan menyuburkan tanah,” tambahnya.

Pos terkait