Gunakan Ma11 Hasil Pertanian di Bateng Meningkat 2 Kali Lipat

  • Whatsapp

Dalam rangka meningkatkan hasil produksi petani dan kesejahteraaan Pemkab Bangka Tengah (Bateng) mengadakan kegiatan temu lapangan di Kelurahan Arung Dalam Kecamatan Koba, Rabu (11/03/2020).

Kegiatan temu lapangan tersebut dihadiri Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pangan, Kepala Pimpinan Bank Mandiri Cabang Koba, Camat Koba, diikuti 200 orang peserta yang terdiri dari kelompok tani, warga dan tamu undangan.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh mengatakan akan memproduksi Ma11 secara besar-besaran karena para petani di Bateng sangat terbantu dengan adanya Ma11.

“Alhamdulillah sudah banyak masyarakat Bangka Tengah mempraktekkan dengan menggunakan Ma11 dimana hasil pertaniannya meningkatkan. Saat ini ada sekitar 2000 orang petani yang menggunakan Ma11,” tutur Ibnu Saleh di hadapan para tamu undangan.

Dikatakan Ibu pengolahan pupuk organik berbasis alfaafa (Ma-11) ini telah berjalan selama tiga tahun. Semenjak adanya Ma11 para petani di Kabupaten Bangka Tengah merasa terbantu. Ditambah lagi dari segi dana sangat menghemat biaya produksi hingga 60% atau lebih.

“Banggalah menjadi seorang petani karena dari keluarga petani banyak menghasilkan anak negeri yang berprestasi dan teruslah berinovasi sehingga menghasilkan hasil yang maksimal,” terangnya.

Dalam acara ini petani juga diajarkan cara membuat dan menggunakan Ma11 untuk tanaman. Selain itu diberikan kemudahan bagi petani yang kekurangan modal untuk menggunakan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan bunga 6% per tahun.

“Kita bisa lihat perbedaan tanaman pada padi organik dan non organik yang menggunakan Ma11 hasilnya meningkat dua kali lipat dari hasil panen yang tidak menggunakan Ma11,” tambah Ibnu.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Ma11 secara simbolis kepada kelompok tani dan penyerahan kartu tani secara simbolis kepada tiga orang petani yang hadir.

Kekinian kartu tani tersebut telah dibagikan sebanyak 3000 di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar dan Namang. Ke depannya akan dibagikan ke 3 kecamatan lainnya yakni Kecamatan Simpang Katis, Sungai Selan dan Pangkalanbaru.

Pos terkait