Rosidi Sebut PT Timah Tbk Tidak Boleh Lemah oleh Aksi Demo

  • Whatsapp

Dalam pertambangan timah legal negara yang terepresentasi melalui BUMN PT Timah Tbk harus kuat, tidak boleh lemah dan tidak takut diintervensi dan diintimidasi sekelompok massa dalam menjalankan roda perusahaan demi menegakkan hukum dan aturan undang-undang sesuai dengan amanat Presiden RI bahwa investasi yang resmi dan legal di negara RI harus diamankan dan dilindungi.

Hal ini dikatakan oleh Muhammad Rosidi, Koordinator Lapangan (Korlap) aksi unjuk rasa (unras) damai pro tambang Ponton Isap Produksi (PIP) yang beroperasi di Sungai Bantil Dusun Tanjung Timur wilayah Tanjung Kubu Toboali Kabupaten Bangka Selatan, Jumat (13/3/2020) saat audiensi dengan Staf Ahli Bidang Hukum Politik dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel), Dwi Agus Santoso, Jumat (13/3/2020).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) khususnya Kabupaten Bangka Selatan (Basel) merupakan penghasil timah terbesar di dunia. Aktivitas pertambangan timah di seluruh wilayah Babel pun telah dilakukan sejak lama baik di darat maupun di laut baik yang legal maupun yang illegal.

“Kami hadir di sini bersama masyarakat nelayan dan pekebun yang merupakan bagian dari yang pro terhadap pertambangan timah legal yang beroperasi di laut Tanjung Kubu Toboali,” jelas Rosidi seraya memastikan bahwa di daerah pertambangan timah laut Tanjung Kubu tersebut tidak ada pemukiman penduduk.

Ia mengaku sedih. Pasalnya saat mereka mau berbagi rezeki, berbagi sembako, uang saku dari hasil pertambangan yang resmi malah dihalangi oleh sekelompok massa. Padahal aktivitas tambang timah PIP itu sudah memenuhi ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan sebagaimana mestinya.

Pos terkait