Revolusi Karakter Pelajar melalui Gala Siswa Indonesia

  • Whatsapp

Pemda Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pendidikan kembali menyelenggarakan kegiatan Gala Siswa Indonesia (GSI) SMP se-Bateng di Stadion Koba Bangka Tengah, Jum’at (13/03/2020).

Tahun ini merupakan tahun ketiga diadakannya GSI SMP dimana pada tahun kemarin tim dari Kabupaten Bateng berhasil menduduki peringkat pertama di tingkat Provinsi Bangka Belitung (Babel) yang diwakili oleh SMPN 2 Simpang Katis.

Bacaan Lainnya

Hadir dalam pembukaan tersebut beberapa kepala OPD seperti Kepala Dinas Pendidikan, Drs Iskandar, pihak Polres Bateng, dan tamu undangan lainnya. Sedangkan kehadiran Bupati Bateng Ibnu Saleh diwakilkan oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Pittor, dikarenakan Bupati berhalangan untuk hadir.

Dalam sambutannya Pittor mengatakan dalam rangka membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 pemerintah melalui Dinas Pendidikan merasa perlu melaksanakan kegiatan lomba, festival, dan olimpiade mulai dari tingkat seleksi sekolah, kecamatan, kabupaten, provinsi, sampai ke nasional bahkan internasional.

[smartslider3 slider=10]

“Program ini juga merupakan bagian dari Nawacita Presiden RI, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia dan melakukan revolusi karakter bangsa melalui penguatan pendidikan karakter di bidang olahraga,” ucap Pittor.

Dan GSI merupakan wadah bagi peserta didik dalam menumbuhkembangkan bakat, minat, dan prestasi dalam bidang sepakbola.

Hal ini didukung oleh Pemkab Bateng dengan kerjasama dengan tiga instansi yakni KONI, PSSI, dan Kemendikbud guna menjalankan amanat presiden pada rapat terbatas 24 Januari 2017 silam.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kabupate Bateng, Drs Iskandar mengatakan agar para peserta GSI bisa memanfaatkan ajang ini untuk terus mengukir prestasi dan mengasah kemampuan dalam berolahraga, namun tetap menjunjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan solidaritas.

“Ayo manfaatkan perhelatan ini untuk mengukir prestasi setinggi-tingginya, namun nilai sportifitas harus tetap dijunjung tinggi, dan raihlah kemenangan dengan semangat solidaritas dan bermartabat,” jelas Iskandar.

Ia juga mengimbau kepada wasit dan panitia agar dapat melaksanakan tugas dan memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya sehingga pada gilirannya dapat menghasilkan atlit yang dapat diandalkan.

“Saya berharap kepada seluruh panitia yang terlibat dalam kegiatan ini untuk selalu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya secara profesional sehingga melahirkan atlit yang berprestasi,” tukasnya (Adv/frd)

Pos terkait