Pembukaan MTQ Kabupaten Bangka Tengah 2020 Berlangsung Meriah

  • Whatsapp

Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IX Tingkat Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) Tahun 2020 yang digelar di halaman Masjid Jamik Koba pada hari Selasa (17/3/2020) berlangsung meriah.

Acara yang berlangsung penuh khidmat ini dibuka dengan defile dari semua kecamatan, dan pembacaan ayat suci Al Quran oleh Juara 1 MTQ Internasional Maroko tahun 2019 M. Miftah Farid.

Bacaan Lainnya

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, Ketua DPRD Bateng Me Hoa, Kapolres Bateng AKBP Slamet Ady Purnomo, dan Forkopimda Bateng lainnya.

Sebelum memberikan kata sambutan, Ibnu Saleh terlebih dahulu melakukan pelantikan dewan hakim MTQ IX.

Dalam kata sambutannya Ibnu mengatakan jika di tengah maraknya manusia berlomba-lomba dalam memenuhi urusan duniawi, maka menjadi ungkapan rasa syukur bahwasanya kegiatan ini dapat digelar.

[smartslider3 slider=15]

“Dan Allah SWT ini masih memberikan petunjuk kepada kita untuk menyiarkan Alquran melalui kegiatan MTQ tingkat kabupaten Bangka Tengah tahun 2020,” ujar Ibnu, Selasa (17/3/2020) di hadapan para peserta dan tamu undangan.

Ia juga mengatakan pembangunan secara fisik memang harus diupayakan. Namun pembangunan secara mental dan spiritual juga menjadi pilar utama agar melahirkan sumber daya manusia yang beretika, bermartabat, dan menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan.

Orang nomor satu di Bateng ini juga menjelaskan jika saat ini dunia sedang dikejutkan oleh sebuah musibah yang memprihatinkan yang dampaknya puluhan ribu korban oleh virus Corona.

Dia mengajak semua agar mengembalikan semuanya kepada Allah Sang Pencipta yang Maha Segala-galanya.

“Maka seyogyanya kita tidak bersedih dan khawatir berlebihan, sebab semuanya memang hanya milik Allah termasuk wabah korona yang saat ini merebak ke seluruh dunia merupakan musibah bagi kita semua dan menjadi pelajaran, agar kita berupaya mengatasinya dan mengantisipasinya dengan segera dan tepat,” ungkapnya.

Ibnu juga mengajak agar semua tamu undangan untuk memperkuat upaya spiritual ilahiyah yakni dengan memanjatkan doa memohon keselamatan kepada Allah yang Maha Pencipta dan yang Maha Pemberi keselamatan jiwa dengan salat, doa, dzikrullah, dan shalawat.

Sebagai penutup ia memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara yang telah mengagendakan dan menyelenggarakan kegiatan MTQ tingkat kabupaten Bangka Tengah tahun 2020.

Ia berpesan agar semua panitia dapat bekerja dengan ikhlas dan benar agar bernilai ibadah.

“Kepada para dewan hakim saya menitipkan amanah agar betul-betul menyeleksi para Qori dan Qoriah, dengan objektif sesuai dengan kemampuan mereka dan tata tertib penyeleksian.

Saya yakin dan percaya bahwa dewan hakim sekalian merupakan hamba-hamba Allah yang terpilih yang Insya Allah akan melaksanakan tugas dan amanat yang dipercayakan dengan penuh tanggung jawab,” imbuhnya.

Kepada para peserta ia juga berpesan untuk berkompetisi secara sportif dan menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran.

Ia menjelaskan jika kalah atau menang bukanlah menjadi prioritas utama. Namun meningkatnya rasa cinta terhadap Alquran dan saling mengajak untuk berbuat kebajikan itulah yang menjadi tujuan utama penyelenggaraan MTQ ini.

Acara yang diikuti oleh 226 peserta dari enam kecamatan ini ditutup oleh tausiah Ustadz Novri Naldi Sapni.

Pos terkait