Pemkab Bateng Didorong Ambil Langkah Strategis untuk Bantu UMKM

  • Whatsapp

Situasi Pandemi Covid-19 yang sedang terjadi akan menjadi memicu menurunnya geliat para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung khususnya di Kabupaten Bangka Tengah (Bateng).

Untuk mengantisipasi hal tersebut, anggota DPRD Bateng, Apri Panzupi, mendorong Pemkab Bateng untuk bergerak cepat dan jangan lelet guna mengambil langkah berkomunikasi dengan pihak perbankan.

Bacaan Lainnya

Diungkapkannya, UMKM merupakan salah satu populasi terbesar dalam dunia usaha. Hal ini perlu menjadi perhatian bersama. Dan yang paling mungkin dilakukan Pemkab Bateng dalam waktu dekat ini adalah dana bergulir yang ditempatkan oleh Pemkab Bateng di Bank Syariah Babel sebesar Rp 6,5 Milliar.

Dana sebesar itu memang diperuntukkan bagi nasabah UMKM. Berdasarkan data yang ia miliki, jumlah nasabah dari dana Rp 6,5 Milliar tersebut sebanyak 223 UMKM. Sistem yang digunakan adalah sistem executing yang berarti resiko ada pada pihak perbankan.

“Harus ada stimulus yang dilakukan oleh Pemkab Bateng untuk mengatasi gagal bayar atau kredit macet, itu resikonya ada di perbankan. Dan dana Rp 6,5 Milliar tadi tetap, artinya tidak bisa berkurang karena itu sudah menjadi konsekuensi perjanjian antara Pemkab dengan pihak bank,” terang Apri, Selasa (2/06/2020).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *