Embat Aki Excavator Milik PT SNS, Salontok Berhasil Ditangkap, Dua Masih DPO

  • Whatsapp

Kepolisian Sektor (Polsek) Lepar Pongok berhasil mengamankan seorang pelaku pencurian dengan kekerasan yang bersembunyi di hutan Dusun Simpang Tiga Desa Penutuk Kecamatan Lepar Pongok (Lepong) Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (5/11/2020) pagi.

Pelaku yang berinisial AM alias Salontok (21), warga Dusun II Darat RT 08 Desa Penutuk Kecamatan Lepar Pongok, kini telah ditetapkan sebagai tersangka dengan LP/B – 02 / IV / 2020/BABEL/RES BASEL/SEK LEPONG/SPK, Jumat tanggal 03 April 2020.

Bacaan Lainnya

“Pelapornya adalah Altri Lumonggu Simanjuntak (28), pengawas lapangan PT SNS dengan saksi Mursalim (45). Pelakunya AM (21) alias Salontok dengan profesi buruh harian,” kata Kapolres Bangka Selatan AKBP Agus Siswanto melalui Kepala Bagian Operasional (Kabag Ops) Kompol Widodo, Kamis (5/11).

Ditambahkan Kompol Widodo, untuk dua orang pelaku lainnya yang berinisial Fr dan Rz masih buron dan masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). Kejadian pencurian ini terjadi pada Sabtu 28 Maret 2020 sekitar pukul 23.00 WIB di areal Perkebunan Afdeling II PT SNS Desa Penutuk dan dilaporkan ke pihak kepolisian pada Jumat 3 April 2020 pukul 14.00 WIB.

Modus Pelaku dan Kronologis Pelaku Ditangkap

Menurut keterangan Kapolsek Lepar Pongok, Iptu Perdana, modus pelaku saat melakukan aksinya dengan cara merusak pintu Excavator pada bagian Aki (Accu) dan mengambil Aki tersebut sebanyak 4 unit. Akibat aksinya PT SNS mengalami kerugian sekitar Rp 7,2 juta.

Pelaku sendiri berhasil ditangkap, kata Iptu Perdana, setelah pihaknya mendapat informasi soal keberadaan pelaku yang bersembunyi di Dusun Simpang Tiga Desa Penutuk pada tanggal 4 November 2020.

“Mendapat informasi tersebut kami langsung melakukan lidik untuk memastikan keberadaan pelaku. Pada Kamis tanggal 05 November 2020 pukul 06.00 WIB, tim Reskrim Polsek Lepong yang saya pimpin langsung melakukan penangkapan terhadap pelaku yang sedang bersembunyi di dalam hutan.

Saat ditangkap pelaku tidak melakukan perlawanan dan mengakui melakukan pencurian Aki Excavator milik PT SNS. Kemudian pelaku berhasil ditangkap dan dibawa ke Polsek Lepar Pongok guna penyidikan lebih lanjut.

Barang bukti Aki Excavator milik PT SNS yang dicuri pelaku.

 

Barang bukti yang kita amankan diantaranya 1 kunci buah ukuran 16/17, 1 unit SPM merk Honda Supra Fit, dan 2 unit Aki alat berat excavator merk GS. Pelaku disangka melanggar pasal 363 KUHPidana,” pungkas Kapolsek Lepar Pongok, Iptu Perdana.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *