Nilai Tukar Petani Bangka Belitung Tertinggi di Indonesia

  • Whatsapp

STATISTIK bidang pertanian di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengalami peningkatan dan menggeliat. Bahkan angka terakhir menempatkan provinsi dibawah pimpinan Erzaldi Rosman ini tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data yang ada, Nilai Tukar Petani (NTP) di Babel pada Januari 2021 berada di angka 103,26 atau naik 0,01 persen dibanding NTP bulan sebelumnya. Kenaikan NTP ini menjadi yang paling tinggi di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Pada Januari 2021, NTP Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengalami kenaikan tertinggi (2,42 persen) dibandingkan kenaikan NTP provinsi lainnya,” kata Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia, Suhariyanto, dalam Konferensi Pers yang disiarkan langsung melalui akun YouTube, Senin (1/2/2021).

Menurut Suhariyanto, ukuran adanya kenaikan NTP ini karena Indeks Harga yang Diterima Petani (It) naik sebesar 0,45 persen, lebih tinggi dari kenaikan Indeks Harga yang Dibayar Petani (Ib) sebesar 0,44 persen.

“Nilai Tukar Petani adalah perbandingan indeks harga yang diterima petani (It) terhadap indeks harga yang dibayar petani (Ib). NTP juga menunjukkan daya tukar (terms of trade) dari produk pertanian dengan barang dan jasa yang dikonsumsi maupun untuk biaya produksi,” tambahnya.

Pos terkait