Menkes: Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 Indonesia Menurun Drastis

  • Whatsapp

JAKARTA — Pandemi Covid-19 di tanah air semakin terkendali. Hal ini tergambar dari kasus konfirmasi positif Covid-19 hingga kesembuhan. Kabar ini disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Kerja dengan Komisi IX DPR RI, Senin (15/3/2021).

Menurut Menteri Kesehatan, jika diamati dalam satu dua bulan terakhir ini mulai terjadi penurunan yang cukup drastis dari sisi confirmed case yang ada di Indonesia. Ini juga didukung adanya penurunan dari rata-rata kematian dan juga penurunan bed occupancy rate.

Bacaan Lainnya

Selain itu, dikatakan Menteri Kesehatan angka ini juga konsisten dengan angka yang terjadi di dunia. Seluruh dunia memang terjadi penurunan yang cukup tajam. Ada empat strategi utama dalam penanganan Covid-19 di tanah air.

“Strategi itu disepakati dalam Sidang Kabinet Paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) per Februari lalu. Keempat strategi itu adalah penguatan sistem kesehatan publik, strategi 3T, teurapetik, dan vaksinasi Covid-19,” katanya di Jakarta seperti dikutip akun YouTube DPR RI.

Dilanjutkan Menteri Kesehatan, empat strategi inilah yang dijalankan sejak bulan Februari kemarin untuk mengatasi pandemi ini dengan tujuan mengurangi laju penularan. Data Satgas Penanganan Covid-19, kasus aktif Covid-19 per hari Senin (15/3/2021) sebesar 9,72%. Angka itu lebih rendah dibandingkan rata-rata global adalah 17,34%.

Meski begitu, untuk angka kematian Indonesia memang masih di atas angka kematian global dengan selisih sekitar 0,49%. Namun angka kesembuhan juga mengalami peningkatan signifikan 87,58%.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *