Dewan Pers Desak Polisi Usut Kekerasan Terhadap Jurnalis Tempo

  • Whatsapp

JAKARTA — Dewan Pers mengutuk aksi kekerasan yang menimpa wartawan Tempo di Surabaya, Nurhadi, dan mengeluarkan pernyataan No. 01/P-DP/III/2021 tentang kekerasan yang dialami Nurhadi.

Ketua Dewan Pers, Mohammad Nuh, menyatakan kekerasan terhadap wartawan merupakan preseden buruk bagi sistem kemerdekaan pers di negara demokrasi seperti Indonesia.

Bacaan Lainnya

Namun, kata mantan Mendikbud ini, sangat disayangkan hal inilah justru terjadi terhadap Nurhadi, wartawan Tempo di Surabaya, Sabtu 17 Maret 2021.

Menurutnya, Nurhadi mendapatkan perlakuan yang kasar bahkan penganiayaan setelah mengambil foto dan hendak meminta konfirmasi kepada mantan Direktur Pemeriksaan Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, Angin Prayitno Aji.

“Pengambilan foto dan upaya konfirmasi ini dilakukan pada saat Saudara Angin melangsungkan resepsi pernikahan anaknya di Gedung Graha Samudera Bumimoro (GSB) di kompleks Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan laut (Kodiklatal) Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu 27 Maret 2021 malam,” kata Mohammad Nuh, 30 Maret 2021 di Jakarta.

Ia menambahkan, kekerasan terjadi ketika sejumlah pengawal Angin Prayitno Aji menganggap Nurhadi masuk tanpa izin ke acara resepsi pernikahan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *