Aktivitas Pukat Trawl Ancam Ekosistem Karang di Perairan Muntok

MUNTOK — Wakil Bupati Bangka Barat terpilih, Bong Ming Ming mengatakan pengunaan pukat Cawang atau Trawl dapat menggangu ekosistem karang di perairan Muntok khususnya di Karang Berang Berang Dusun Sukal yang sudah ditetapkan sebagai Kampung Bahari Nusantara.

Menurut Ming Ming, keberadaan Karang Berang Berang di Dusun Sukal, Desa Belo Laut Kecamatan Muntok tersebut merupakan salah satu anugerah tersendiri bagi warga setempat.

Bacaan Lainnya

Karena letak karang tersebut sangat berbeda dengan daerah lain sehingga diusulkan oleh Komisi II DPRD Provinsi Bangka Belitung menjadi kawasan konservasi.

“Persoalan cawang atau pukat trawl ini sangat mengganggu dan sangat merusak ekosistem yang ada di Karang Berang Berang,” ungkap Bong Ming Ming saat menghadiri acara paparan Danlanal Babel terkait KBN Dusun Sukal di OR I, Setda Bangka Barat, Jumat (16/4/21).

Selain pukat Trawl, Bong Ming Ming juga mengatakan seharusnya kawasan KBN Dusun Sukal tidak ada tambak udang, sebab usaha tersebut membutuhkan kajian yang mendalam terkait izin Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) ataupun Upaya Pengelolaan Lingkungan – Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL – UPL).

“Kemudian kalau bicara lagi masalah tambak udang, saya rasa harus ada kajian yang lebih. Kan ada UKL UPL izin AMDAL dan sebagainya yang di kedepankan. Saya sepakat dengan Bapak, bila perlu di wilayah situ tidak ada tambak udang,” katanya.

Pos terkait