Bong Ming Ming Tegaskan Perairan Sukal Zero Tambang

  • Whatsapp

MUNTOK — Wakil Bupati Bangka Barat Terpilih, Bong Ming Ming menanggapi pernyataan Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo yang meminta tidak beroperasinya tambang timah di sekitar perairan Kampung Bahari Nusantara (KBN) Dusun Sukal.

Dikatakan Bong Ming Ming sebenarnya bahwa wilayah perairan dari Dusun Ahoi, Dusun Sukal, Tanjung Punai Laut hingga ke Desa Kundi adalah kawasan zero tambang.

Bacaan Lainnya

Menurutnya sesuai dengan Perda Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau Pulau Kecil ( RZWP3K ) wilayah Karang Berang Berang di Dusun Sukal, Desa Belo Laut sudah ditetapkan sebagai wilayah konservasi.

“Tadi Bapak menyinggung persoalan KIP dan PIP. Di RWP3K kami sudah menyusun bahwa dari kawasan Ahoi, Tanjung Punai sampai ke Desa Kundi itu semuanya zero tambang.

Bahkan di kawasan Karang Berang Berang Dusun Sukal kita usulkan sebagai wilayah konservasi karena letak karangnya agak berbeda dengan yang lain,” jelasnya saat menghadiri acara paparan Danlanal Babel terkait KBN Dusun Sukal di OR I, Setda Bangka Barat.

Bong Ming Ming yang pernah menjadi anggota Komisi II DPRD Provinsi Babel ini juga mengatakan kawasan Kelabat Dalam juga merupakan kawasan zero tambang. Apalagi di daerah tersebut terdapat biota laut yang tidak dimiliki daerah lain, bahkan di Asia Tenggara.

Pos terkait