Danlanal Babel Paparkan Kampung Bahari Nusantara Desa Sukal

MUNTOK — Komandan Lanal (Danlanal) Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo memaparkan kepada Bupati Bangka Barat dan meninjau langsung Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Dusun Sukal Desa Belo Laut Kecamatan Muntok.

Acara dihadiri Plh. Bupati Bangka Barat Muhammad Soleh, Bupati dan Wakil Bupati terpilih H Sukirman dan Bong Ming Ming kepala OPD terkait dan tamu undangan lainnya, di operasional room I Setda Babar, Jumat (16/4/21).

Bacaan Lainnya

Duduk menyampaikan Penyelenggaraan Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Bangka Belitung memilih Kabupaten Bangka Barat tepatnya Desa Sukal Belo Laut sebagai program pimpinan Kepala Staf Angkatan Laut.

“Setelah melalui survei Desa Sukal memang sudah memenuhi faktor-faktor untuk pembentukkan Klaster-klaster KBN terutama masyarakat pesisir, nelayan, ada dermaga, pendidikan dan ada destinasi pariwisata laut”, ungkapnya.

Menurut Dudik, Desa Sukal mempunyai berbagai macam potensi pariwisata yang mampu menarik wisatawan. Ia juga memaparkan 5 program KBN yakni Kalster Ekonomi, Kesehatan, Pariwisata, Edukasi, Pertahanan.

“Ya tadi sudah dilihat bahwa memang potensi yang ada di Desa Sukal banyak terutama hasil laut ada kerang darah, hutan bakau, karang berang-berang, terutama wisata baharinya seperti Diving dan masih banyak potensi-potensi yang bisa dikembangkan kedepannya,” jelasnya.

Sementara itu, Plh. Bupati Bangka Barat Muhammad Soleh mengatakan sangat mendukung dengan adanya program Kampung Bahari (KBN) Nusantara di Desa Sukal Babar dan berharap bisa membantu terutama masyarakat pesisir.

“Pemerintah Babar sangat berterima kasih kepada TNI angkatan Laut yang telah menetapkan Desa Sukal sebagai KBN dan ini menjadi kebanggaan bagi Babar karena seluruh Indonesia cuma 3 provinsi yang dipilih untuk program KBN Alhamdulillah Desa Sukal menjadi pilihannya.

Pos terkait