Mendagri: Rata-rata Belanja Daerah Hanya untuk Membiayai Rapat

  • Whatsapp

JAKARTA — Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mencatat sebagian besar anggaran di daerah 70% untuk belanja pegawai, bahkan ada yang sampai 80%. Termasuk di dalamnya belanja operasional yang ujung-ujungnya untuk pegawai juga.

Imbasnya, praktik ini membuat pengelolaan keuangan di daerah ada yang sangat berantakan, termasuk tidak mampu bahkan hanya untuk memperbaiki jalan.

Bacaan Lainnya

Tito Karnavian menyinggung anggaran Pemerintah Daerah (Pemda) mayoritas untuk belanja pegawai. Dia mencium adanya modus yang membodoh-bodohi kepala daerah.

“Saya nggak ingin sebutkan, tidak enak. Hampir semua daerah itu proporsi belanja modalnya kecil. Belanja modal itu belanja yang langsung ke masyarakat baik untuk pendidikan kesehatan dan lain-lain,” kata Tito dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional Tahun 2021, Selasa (4/5/2021) seperti dikutip detikfinance.com.

Tito juga menambahkan rata-rata belanja daerah hanya untuk membiayai rapat dengan alasan penguatan. Padahal nantinya untuk bagi-bagi honor kepada peserta rapat.

Pos terkait