Jelang Ramadhan 1442 H,Harga Bahan Pokok Naik

  • Whatsapp

BERITABANGKA.COM,PANGKAL PINANG–

Sejumlah komoditas bahan pokok di Pasar Induk Kota Pangkalpinang merangkak naik menjelang Bulan Ramadhan 1442 Hijriah. Kenaikan yang cukup signifikan salah satu terjadi terhadap harga ayam broiler.

Bacaan Lainnya

Harga ayam di pasaran melambung tinggi hingga mencapai Rp 40 ribu per kilogram di Pasar Induk Kota Pangkalpinang. Sedangkan harga eceran tertinggi (HET) seharusnya Rp 35.000.

Sejumlah pedagang ayam pun mengeluh karena tingginya harga ayam saat ini pada distributor atau broker ayam. Keluhan itu terungkap saat para pedagang menceritakan keluh kesahnya ke Tim Sidak Pemkot Pangkalpinang, Senin (12/4/2021).

“Sebenarnya ayam ini naik dia tidak ada momen tertentu, ini seenaknya mereka menaikkannya. Untuk beberapa malam ini ada kenaikan Rp 6.500,” ujar Heru, salah satu pedagang di Pasar Induk.

Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Radmida Dawan, melihat memang terjadi kenaikan yang signifikan terhadap harga ayam di pasaran.

Menurut informasi yang didapatkannya, kenaikan terjadi pada rantai perdagangan pada pemasok ke distributornya atau sebaliknya.

“Harga ayam adanya keluhan dari pedagang pengecer yang harganya tinggi sampai Rp40 ribu. Kami tanyakan kenapa, menurut informasi karena harga ayam terjadi ditingkat PT,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UMKM Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon memastikan pihaknya akan menindaklanjuti persoalan harga ayam itu dalam waktu dekat.

“Ini akan kami tindaklanjuti dalam waktu dekat ini. Kami akan memanggil para distributor. Nanti tim kita akan menindaklanjuti ini sesegera mungkin,” katanya.

Pemantauan ketersedian stok dan pergerakan harga bahan pokok/penting itu juga dilaksanakan terhadap agen LPG 3 kilogram dan SPBU Pasar Pagi di Jalan A. Yani.

Pos terkait