Rapat Paripurna DPRD Basel Sahkan Raperda

  • Whatsapp

BERITA BANGKA.COM,BANGKA SELATAN–

Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) disahkan DPRD Kabupaten Bangka Selatan prihal Pertanggung Jawaban Pelaksana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2020 menjadi Peraturan Daerah(PERDA).

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Bangka selatan Erwin Asmadi,mengatakan akan menindak lanjuti usulan rekan sejawatnya kepada Bupati Bangka Selatan. Sore 15:00 WIB Kamis(12/8/2021).

“Setelah melalui Evaluasi DPRD Bangka selatan berharap kepada Bupati Bangka Selatan untuk meneruskan apa yang jadi usulan rekan-rekan di DPRD,yang sudah disetujui enam(6) fraksi ” kata Erwin Asmadi saat sidang (12/8).

Selanjutnya dalam rapat melalui Juru bicara Bagian Anggaran (Banggar) DPRD Bangka Selatan Dian Sersanawati menjelaskan ada beberapa poin yang jadi pekerjaan rumah (PR) untuk dibenahi segera oleh Pemerintah Daerah Bangka Selatan.

Dian menjelaskan agar pemerintah mengoptimalkan lagi fungsi inspektorat dalam melakukan audit kegiatan setiap OPD seiring masih munculnya persoalan ketidaktaatan terhadap peraturan perundang-undangan dan Sistem Pengendalian Internal (SPI).

Lanjutnya pejabat yang ditunjuk dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa dan belanja modal mempunyai kompetensi dan profesional mengingat masih ditemukannya permasalahan seperti kelebihan bayar atau kekurangan volume di beberapa OPD serta kesalahan dalam mengklasifikasi kegiatan belanja dan jasa dan belanja modal yang terjadi di dua OPD pada laporan hasil pemeriksaan Badan Pengawas Keuangan (BPK).

Kemudian terkait bantuan sosial tunai kepada masyarakat ditengah pandemi Covid-19 yang banyak terjadi kesalahan akibat Database Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) kurang optimal sehingga panyaluran berpotensi tidak tepat sasaran. Banggar menekankan kepada Dinsos agar melakukan pemutakhiran dan validasi data DTKS seluruh desa dan kelurahan.

Pada saat pembahasan masih ada OPD yang belum menindaklanjuti hasil rekomendasi BPK agar segera ditindaklanjuti sebelum waktu yang ditentukan.

Dan persoalan BUMD yang tak kunjung selesai. Banggar merekomendasikan agar BUMD PT Bangun Basel dipalitkan apabila memang tidak ada lagi jalan keluar.

Senada Wakil Bupati Debby Vita Dewi saat rapat mengatakan akan menindak lanjuti apa yang jadi evaluasi kedepan untuk kemajuan Pemerintahan Bangka Selatan.

Pos terkait