Menambang Diam-Diam Malam Hari, 11 Orang Diamankan Tim Gabungan

  • Whatsapp

“Ponton apung 8 unit yang ditarik ke pinggir laut Nek Aji dan 11 orang pekerja dibawa ke unit Reskrim untuk dilakukan pemeriksaan” kata AKP Slamet.

 

Bacaan Lainnya

BERITA BANGKA.COM,TOBOALI–

Aktivitas penambangan pasir timah dengan menggunakan ponton apung jenis selam di perairan Sukadamai, kecamatan Toboali, Kabupaten Bangka Selatan kembali beroperasi. Diketahui, sebelumnya telah dilakukan penertiban oleh Tim gabungan Aparat Kepolisian, TNI dan PT Timah Tbk.

Informasi di lapangan menyebutkan aktivitas tersebut beroperasi di malam hari dengan cara “diam-diam” sejak hampir 1 bulan terakhir. Alhasil, pada Selasa malam hingga Rabu (25/8/2021) dinihari, Tim gabungan yang dipimpin langsung Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Satreskrim), AKP Ghalih Widyo Nugroho bersama Kepala Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Basel, AKP Slamet Riyadi bergerak turun melakukan penertiban .

“Delapan unit ponton apung kita bongkar di pesisir laut Nek Aji Toboali, sementara 9 orang pekerja tambang dan 2 orang pengemudi speed boat dikenai wajib lapor ke Polres,” jelas Kasat Reskrim Polres Basel, AKP Ghalih.

Senada juga ditegaskan Kasat Polair, AKP Slamet Riyadi menambahkan, tindaklanjut hasil dari penertiban terhadap aktivitas penambangan pasir timah dengan menggunakan ponton apung jenis selam di perairan Sukadamai, Toboali ditangani oleh Satreskrim.

“Ponton apung 8 unit yang ditarik ke pinggir laut Nek Aji dan 11 orang pekerja dibawa ke unit Reskrim untuk dilakukan pemeriksaan,” kata AKP Slamet.

Terpisah, Warga Pesisir Darwis, menuturkan sangat mendukung kinerja kepolisian Polres Bangka Selatan, atas upaya yang sudah dilakukan terhadap penambang TI Apung jenis selam, yang terlampau berani menjarah IUP PT.Timah secara diam-diam.

“Saya sangat mendukung terhadap kepolisian atas kinerjanya, melakukan penertiban kepada penambang nakal diarea laut Sukadamai, itu merupakan satu bentuk upaya, mengatasi penambang nakal yang menjarah IUP PT.Timah,”tutur ayah dua orang putri ini kepada Berita Bangka.com dikediamannya (25/8).

Pos terkait