Mabes TNI Salur Obat-Obatan Kepada Pasien Isoman Toboali

  • Whatsapp

BERITA BANGKA.COM,BANGKA SELATAN–

Pasien Isolasi Mandiri (Isoman) yang terpapar COVID-19 di Desa Kepoh, Desa Gadung, Kecamatan Toboali mendapatkan bantuan obat-obatan dari Markas Besar Tentara Nasional Indonesia (Mabes TNI). Kamis, (26/8/2021).

Bacaan Lainnya

Bantuan obat-obatan tersebut disalurkan melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil Kecamatan Toboali, Kepala Puskesmas Toboali Dokter Jupiter Mars Tarigan, Aparat Desa, dan Bhabinkamtibmas, yang secara langsung diberikan dengan cara mendatangi kerumah-rumah warga.

Komandan Koramil (Danramil) Mayor Inf Istiyari, mengatakan obat yang akan diberikan kepada pasien Isoman COVID-19 dibagi tiga tingkatan atas rekomendasi dari Dokter pendamping.

“Ada tiga jenis paket obat yang diberikan, paket pertama untuk pasien dengan gejala ringan, paket kedua untuk pasien dengan gejala sedang, paket ketiga untuk pasien gejala berat dan itu berdasarkan saran dokter pemeriksa” kata Mayor Inf Istiyari (26/8)

Senada, Komandan Kodim (Dandim) 0413 Bangka, Kolonel Inf Pujud Sudarmanto menegaskan, bantuan obat dari Panglima TNI kepada para pasien Covid-19 yang menjalani karantina mandiri, dengan tujuan agar pasien segera pulih sehingga dapat kembali beraktivitas seperti semula dan jumlah korban jiwa akibat terpapar Covid-19 dapat ditekan seminimal mungkin. Selain itu, Dandim juga berharap agar pasien yang menjalani karantina mandiri dapat bergabung ke gedung pusat karantina terpadu yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel, guna mempermudah tim kesehatan dan tim gugus tugas melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap kondisi kesehatan pasien.

“Harapan kami, dengan adanya bantuan obat dari Panglima TNI kepada pasien agar pasien Covid-19 yang menjalani karantina mandiri cepat sembuh dan bisa beraktivitas kembali seperti semula dan korban jiwa bisa ditekan. Kami juga berharap agar pasien dapat bergabung ke gedung karantina terpadu yang difasilitasi pemerintah daerah sehingga mempermudah tim kesehatan dan tim gugus tugas untuk melakukan pengawasan dan pemantauan terhadap kondisi pasien,” pungkas, Kolonel Inf Pujud Sudarmanto.

Selanjutnya, Kepala Puskesmas Toboali, dr. Jupiter Mars Tarigan menambahkan, bahwa kerja sama dengan jajaran TNI selama pandemi Covid-19 sangat baik. Salah satunya dalam hal penyaluran bantuan paket obat dari Mabes TNI kepada pasien yang sedang menjalani karantina mandiri.

“Selain pembagian obat, kita juga sekaligus melakukan tracing (pelacakan_red) terhadap warga yang kontak erat dengan pasien Covid-19,” jelas dr Jupiter.

Pos terkait