Pengabdian 39 Tahun Jadi Wartawan, Om Erer: Wartawan Tidak Boleh BAPER-an

  • Whatsapp

BERITA BANGKA.COM,BANGKA SELATAN–

Rawizar Erer tepat berusia 73 tahun pada 28/8/2021, Pewarta senior dari Babelpos.co ini merayakan ulang tahunnya bersama Wartawan se-Bangka Selatan dari belasan media lokal maupun Nasional di salah satu warung makan dipesisir pantai Kota Toboali.

Bacaan Lainnya

Dengan separuh usianya selama 39 tahun mengabdikan diri sebagai wartawan di berbagai media lokal. Tercatat sejak tahun 1982 sampai dengan tahun 2000, pria kelahiran Payakumbuh Sumatera Barat (Sumbar) itu mulai menjalani profesi wartawan di surat kabar (koran_red) Sumatera Ekspres (Sumeks) Palembang regional Bangka Belitung.

Selain itu, pada tahun 1999-2001 juga merangkap sebagai tim peliputan di Majalah Stania milik salah satu perusahaan plat merah atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Lalu pada tahun 1994-1999 tergabung sebagai wartawan aktif di surat kabar Lampung Pos. Tahun 2001-2003 wartawan surat kabar Bangka Ekspres (BE) dan pada tahun 2004 sampai dengan saat ini tergabung sebagai wartawan aktif di media lokal Bangka Belitung, yakni Babel Pos dan bertugas di wilayah Kabupaten Bangka Selatan.

Suka duka, manis dan pahit telah dilalui selama 39 tahun berprofesi sebagai wartawan. Berbagai prestasi dan penghargaan pun telah diterimanya meski hanya sebatas tingkat lokal di antaranya piagam penghargaan dari Ketua Pengadilan Negeri Sungailiat, Bangka pada tahun 1999. Piagam penghargaan dari Bupati Bangka Selatan pada tahun 2012 sebagai tokoh pers. Piagam penghargaan dari Badan Pengawas Pemilihan Umum Bangka Belitung pada tahun 2014. Piagam penghargaan dari Badan Narkotika Provinsi Bangka Belitung. Piagam penghargaan dari Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Selatan pada tahun 2000. Piagam penghargaan dari Kapolres Bangka Selatan pada tahun 2014 dan 2021, serta piagam penghargaan dari Bupati Bangka Selatan pada tahun 2017.

Selain aktif sebagai wartawan, Om Erer sapaan akrabnya tersebut juga tergabung di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Bangka Belitung, yakni dari tahun 2006-2010 dan tahun 2010-2015 sebagai anggota pengurus wartawan politik dan pemerintahan.

“Suka duka, manis dan pahit telah dilalui selama 39 tahun berprofesi sebagai wartawan. Alhamdulillah. Usia boleh tua namun semangat tetap harus berjiwa muda,” ucap Om Erer, Rabu (1/9/2021) siang.

Om Erer mengajak seluruh rekan-rekan wartawan di Bangka Selatan untuk tetap menjaga integritas dan terus berkarya sesuai dengan tugas dan fungsi sebagai wartawan sejatinya.

“Profesi kita sebagai wartawan profesi yang sangat mulia. Mari kita semua berkarya melalui tulisan dan berita yang kita sajikan untuk publik serta dapat mengedukasi pembaca,teruuus Wartawan tidak boleh BAPER-an” guyon Om Erer dengan logat khasnya

Menurutnya, suka duka yang dilalui selama 39 tahun berprofesi sebagai wartawan suatu kenangan yang tak terpisahkan dalam hidup dan jadi kesan kebanggaan tersendiri.

“Selama 39 tahun banyak orang yang dikenal hingga akhirnya menjadi teman dan sahabat mulai dari masyarakat sipil, pejabat publik, aparat kepolisian, TNI, kejaksaan dan termasuk para tokoh politik tingkat lokal,” pungkasnya.