BERITA BANGKA.COM,TOBOALI–

Tiga titik lokasi diperairan Sukadamai,Nelayan,Padang yang merupakan Ijin Usaha Pertambangan (IUP) dari PT.TIMAH, dalam waktu dekat aktifitas pertambangan pasir timah akan dibuka kembali, dan dikoordinir oleh salah satu perusahaan CV. Selatan Mitra Bersama (SMB) yang merupakan mitra binaan PT. Timah.

“Rencana operasional dalam waktu dekat ini pada bulan September 2021. Tahap awal 100 unit ponton dikoordinir oleh CV Selatan Mitra Bersama,” kata Pengawas Tambang Laut Unit Laut Bangka (ULB) PT Timah Tbk, Andika kepada wartawan, Rabu (1/9) sore kemarin.

Andika menjelaskan, bahwa dari 100 unit ponton tersebut baru 89 unit ponton yang memenuhi persyaratan atau layak untuk melakukan kegiatan penambangan pasir timah di perairan Toboali.

“Jam operasional telah kita tetapkan mulai dari jam 08.00 WIB hingga jam 17.00 WIB setiap harinya. Hasil kegiatan penambangan dari setiap ponton langsung diserahkan ke pengurus CV di lapangan dan kemudian dibawa ke gudang timah di Toboali,” ujar Andika.

Andika menambahkan, tim dari PT Timah Tbk setiap bulannya akan melakukan evaluasi terhadap Surat Perintah Kerja (SPK) yang diberikan ke CV Selatan Mitra Bersama (SMB).

“SPK bisa diperpanjang pertiga bulan sekali, namun tetap dilakukan evaluasi terlebih dahulu atas kegiatan penambangan yang dilakukan selama satu bulan. Jika melanggar tentu akan dikenai sanksi, begitu juga dengan ponton dan pekerja,” jelas Andika.