PANGKALPINANG – Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil (Molen) memberi penghargaan kepada 18 gerai pelaksanaan vaksinasi pada malam ramah tamah Hari Jadi ke-264 tahun Kota Pangkalpinang di Taman Wilhelmina, Jumat (17/9/2021) malam.

Molen mengaku cukup sedih karena malam ramah tamah hari jadi kota tidak semeriah dua tahun lalu lantaran merebaknya pandemi Covid-19.

“Tetapi tahun ini tetap kita laksanakan, dengan sederhana mungkin, sedikit mungkin termasuk undangan,” ucap Molen.

Dirinya juga mengajak seluruh elemen berdoa agar Covid-19 dapat segera usai.

“Maka dari itu cara yang dilakukan ialah mengejar herd immunity, dari 213 ribu masyarakat Kota Pangkalpinang harus 70 persen. Saat ini sudah 100 ribu, tinggal 60 ribu lagi yang harus dikejar,” paparnya.

Dia menjelaskan, efek dari mencapai herd immunity, nantinya masyarakat dapat beeaktivitas seperti dulu namun tetap dengan protokol kesehatan. Menurutnya, kesehatan utama tapi ekonomi juga harus berjalan.

“Secara nasional semua berjibaku habis-habisan, sudah letih. Letih kami ini tidak ada apa-apanya dibandingkan nakes, nakes kita ini mereka lebih berat lagi dan nyawa taruhannya, saya dalam kesempatan pribadi ini mengucapkan terima kasih sebesar besarnya,” ucap Molen.

Malam ramah tamah diisi dengan acara pemotongan tumpeng sebagai tanda hari jadi kota serta pemberian piagam penghargaan terhadap 18 gerai pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Pangkalpinang dan pemberian bantuan dana terhadap atlet dan pelatih yang mengikuti Pon Papua XX 2021. (*/adv)