Raih Nilai Tertinggi Pemkab Babar Terima Penghargaan Kabupaten Layak Anak

  • Whatsapp

BERITA BANGKA.COM, MUNTOK–

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meraih penghargaan sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA), tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA). secara simbolis diterima Bupati Bangka Barat pada, Senin, (11/10) di Jakarta sekitar pukul 10.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Bangka Barat Suwito, S.E. mengatakan penghargaan ini pertama kali diberikan kepada Bangka Barat sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA) Tahun 2021.

“Penghargaan ini sebagai apresiasi dan penghargaan dari Kementerian untuk daerah yang memperhatikan, Perkembangan, ataupun pembangunan dibidang sumberdaya manusia khusunya anak ,” kata Suwito kepada BeritaBangka.com, Rabu, (13/10/2021) diruang kerjanya.

Selanjutnya Suwito menuturkan sebelumnya Kabupaten Bangka Barat pernah mengikuti kategori Kabupaten Layak Anak (KLA) pada tahun 2019 akan tetapi nilai yang didapatkan rendah, karena ada penilaian mandiri dan penilaian langsung dari Kementerian.

“Untuk tahun ini kita coba dan mengikuti lagi untuk seleksi, yang pertama kali mendapat penghargaan Kabupaten Layak Anak pratama, yaitu bentuk komitmen daerah, Pemerintah Kabupaten Bangka Barat (Pemkab) bagai mana memperhatikan anak, menjadi salah satu kesatuan yang dinilai dan terdapat indikator yang terkait dalam penilaian tersebut ,” tutur Suwito.

“Seperti disetiap Dinas-dinas adakah mereka memperhatikan anak contohnya, Dinas pendidikan yang menyediakan sekolah layak anak, Dinas kesehatan adalah Puskesmas Rama anak dan di Dinas lain. Yang menjadi komitmen bahwa mereka memperhatikan anak ,” tambahnya.

Dari penilaian Mandiri tersebut Kabupaten Bangka Barat mendapat nilai 823,25 , dan sedangkan untuk mendapatkan Kabupaten Layak Anak, membutuhkan nilai 500.

“Waktu pengambilan nilai dikarenakan dimasa pandemi, jadi pengambilannya dilakukan secara Zoom miting, yang dihadiri langsung oleh Bupati dan Wakil Bupati Bangka Barat, sebagai wujud komitmen kepala Daerah terhadap anak ,” jelasnya.

Suwito berharap seluruh stakeholder, Baik pemerhati anak, organisasi perempuan, organisasi anak ataupun kesiswaan dan lain sebagainya, diminta bersama-sama menjadikan pertumbuhan anak sejak dini yang bermartabat, berpartisipasi, berkarakter, dan berdaya saing.

“Mari bekerjasama dalam menjamin pemenuhan hak-hak anak serta menjadikan program pembangunan anak sebagai prioritas demi mewujudkan Bangka Barat Maju, Sejahtera dan Bermartabat .” pungkasnya.

Pos terkait