PW Pemuda Muhammadiyah Babel Dipercayai Sebagai Tuan Rumah Penyelenggaraan Baitul Arqom Paripurna se-Indonesia

  • Whatsapp

PANGKALPINANG, Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Bangka Belitung akan menyelenggarakan Baitul Arqom Paripurna (BAP) se-Indonesia pada 26-28 November mendatang di Kota Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung.

Baitul Arqom Paripurna sendiri adalah puncak pendidikan kaderisasi tingkat tertinggi di Organisasi Otonomi (Ortom) Muhammadiyah dan persiapan menuju Tanwir.

Bacaan Lainnya

Sementara, sampai saat ini, peserta yang sudah mendaftar ada ratusan orang dengan syarat sudah menyelesaikan pendidikan kader di tingkat dasar dan madya.

Terpilihnya Bangka Belitung menjadi tuan rumah BAP tak lepas dari komunikasi yang dibangun Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Bangka Belitung, Andika Saputra saat Tanwir Pemuda Muhammadiyah se Indonesia di Manado awal tahun lalu.

“Kami Pemuda Muhammadiyah Bangka Belitung dipercayai untuk melaksanakan ini sekaligus sebagai tuan rumah kegiatan tersebut. Salah satu kegiatan ini adalah Baitul Arqom yaitu tingkat perkaderan tertinggi di tingkat Pemuda Muhammadiyah,” ujar Ketua PWPM Babel, Andika, Rabu (24/11/2021).

Kegiatan BAP ini sendiri akan diisi oleh pemateri nasional yang kompeten di bidangnya dan menduduki posisi strategis di  Indonesia yang terdiri dari beberapa guru besar, akademisi, Lembaga Negara hingga anggota DPR RI.

Kata Andika, Baitul Arqam diharapkan bisa membentuk pribadi pimpinan Persyarikatan yang paripurna untuk mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

“Disamping itu, Baitul Arqom merupakan upaya untuk meneguhkan kembali ruh ber-Muhammadiyah,” ujarnya.

Dalam pendidikan kader di Pemuda Muhammadiyah terbagi atas tiga tingkatan. Pertama dikenal dengan Baitul Arqom Dasar, kedua Baitul Arqom Madya dan ketiga Baitul Arqom Paripurna.

Adapun khusus bagi kader yang sudah menyelesaikan pendidikan di tingkat BAP dapat mencalonkan diri atau dicalonkan menjadi ketua umum maupun pengurus Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pos terkait