BANGKA SELATAN — Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Bangka Selatan menggelar pelatihan pemandu wisata alam (ekowisata) di Grand Marina Hotel Toboali, Rabu (1/12/2021).

Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari diikuti oleh 40 peserta dari seluruh wilayah Bangka Selatan. Kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia sebagai pemandu pariwisata.

Narasumber dalam pelatihan ekowisata ini diisi dari unsur pemerintahan dan empat orang praktisi.

Plt Kepala Disparpora, M. Ikbal mengatakan kegiatan pelatihan tersebut bertujuan agar para pemandu wisata ini dapat memenuhi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang kepemanduan ekowisata dan mendapatkan sertifikat pemandu ekowisata.

Adanya pelatihan tersebut, Ikbal berharap pelatihan selama tiga hari tersebut dapat memberikan manfaat untuk kemajuan pariwisata kabupaten Bangka Selatan khususnya.

β€œPara peserta juga dapat mengetahui dan memahami bagaimana merencanakan dan menerapkan kegiatan yang berdampak negatif rendah terhadap lingkungan dan sosial budaya dan cara menyiapkan dan menyajikan informasi ekowisata,” pungkas Ikbal.