PANGKAL PINANG – Pelajar SMK Negeri 1 Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, kembali raih juara 1 pada Festival Band tingkat pelajar se – Bangka Belitung. Hari ini Selasa, (18/1/2022).

SMK Negeri 1 Toboali, melengserkan finalis lainnya yang tampil pada Festival Band yang bertema Studen Gearnation tersebut.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas siswa/siswi melalui kegiatan Student Gearnation 2022.

Pada kegiatan Student Gearnation 2022, siswa/siswi SMK/SMA/SLB se-Babel diikutsertakan dalam beberapa perlombaan, seperti Lomba UMKM, Festival Band, dan Lomba Kompetensi Siswa untuk pelajar SMK yang bertempat di Gedung Olahraga Sahabudin Babel selama 2 hari mulai 17-18 Januari 2022.

Untuk Festival Band Juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Toboali, Juara 2 SMA Negeri 1 Pangkalpinang, dan Juara 3 SMA Negeri 1 Muntok Terakhir, Lomba Kompetensi Siswa dengan Juara 3 SMK Negeri 1 Manggar, Juara 2 SMK Negeri 2 Pangkalpinang, dan Juara 1 SMK Muhammadiyah Sungailiat

Guru Seni sekaligus pembimbing, SMK Negeri 1, Toboali,Β  Siswanto mengatakan, prestasi dibidang musik seperti ini merupakan upaya sekolah dalam mengasah bakat siswa siswi yang mempunyai hoby, senantiasa tersalurkan secara positif.

” Ini bentuk strategi sekolah dalam mengasah bakat siswa siswi. Mereka yang berbakat dibidangnya sayang kalau dibiarkan, makanya kita dari sekolah menyuport hingga jadi,” kata Siswanto, (18/1).

Selain itu, dia menjelaskan, SMK Negeri 1 sudah kedua kali nya memenangkan Festival Band tingkatan di Provinsi. Yang sebelumnya diperlombakan pada tahun 2021 akhir.

” Torehan prestasi anak-anak ini (siswa siswi,red) sudah kedua kalinya menang di level Provinsi, Dan bukan hal yang mudah buat para siswa untuk meraih prestasi tersebut,” ujarnya.

Selanjutnya, ia berharap kedepannya agar anak didiknya dapat menoreh prestasi-prestasi yang bisa membuat nama besar Bangka Selatan melambung hingga Nasional. Dan pihak terkait dapat memberikan dorongan full kepada pelajar yang berprestasi.

” Mereka generasi penerus Bangka Selatan, teruslah berprestasi dibidang masing-masing, buatlah karya agar bisa membanggakan buat daerah tercinta, jangan cepat berpuas diri, serta untuk pihak terkait dapat berperan serta juga,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengungkapkan sangat bangga dengan bakat dan karya pelajar Bangka belitung yang menoreh bakat mereka dalam bidang seni.

“Saya sangat berterimakasih kepada pelajar yang sudah berpartisipasi. Dan terus lah berprestasi dalam mengejar cita-cita,” pungkasnya.