Kemenag Babar: 109 Jemaah Haji Akan Diberangkatkan

banner 468x60

BANGKA BARAT –Β Kementerian Agama (Kemenag) Bangka Barat akan memberangkatkan jemaah haji sebanyak 109 orang yang sudah masuk daftar kursi untuk haji tahun 2022.

Saat ini total, terdapat 3.105 porsi calon jamaah haji yang masuk dalam daftar tunggu. Sedangkan untuk 2021 lalu, itu sudah terdapat 351 porsi calon jamaah haji, yang sudah mendaftar dan menunggu untuk diberangkatkan.

Bacaan Lainnya
banner 468x60

“Dengan adanya penundaan 2 tahun, maka jamaah haji yang sudah manasik di Bangka Barat berjumlah 109 orang. Ini daftar tunggu tunda karena pandemi COVID-19, ini variasi masa tunggunya ada yang 5 sampai 10 tahun jadi tergantung masa mereka mendaftar,” Kata Kepala Kemenag Bangka Barat, Syarifuddin.

Sementara, ia menjelaskan, untuk kesiapan keberangkatan jemaah haji. Kemenag RI masih menunggu regulasi dari negara Arab Saudi.

“Untuk siap berangkat ini kita menunggu regulasi dari pemerintah arab Saudi dan Kementerian Agama RI, apakah 109 jamaah ini diberangkatkan semua tergantung kuota,” sebutnya.

“109 orang ini sudah vaksin semua malah sudah manasik, secara regulasi terkait Covid-19 kita tidak ada kendala. Kecuali kalau ada persyaratan tambahan, misalnya kalau Pemerintah Arab Saudi mensyaratkan harus booster ya harus booster. Kalau kita sudah ready, jamaah 109 sudah siap,” kata Syarifudin.

Menurut Syaifudin, untuk penetapan kuota jamaah Haji, kebijakan merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung.

“Kita tidak ada kuota Kabupaten, yang ada itu kuota Provinsi. Dari kuota Provinsi itu tiap Kabupaten Kota, masuk kuota atau tidak tergantung masa pendaftaran. Jadi kuota itu fluktuatif, bisa naik bisa turun,” pungkasnya.

banner 468x60