Omicron Nginfeksi Satu Warga Muntok

banner 468x60

BANGKA BARAT – Satgas Penanganan COVID-19, Bangka Barat, mengumumkan seorang pasien yang terkonfirmasi kasus probable omicron. Diketahui CN (30) miliki Kartu Tanda Penduduk Daerah Khusus Ibukota  (DKI) Jakarta, Minggu (06/02/2022).

Diketahui dari pemeriksaan yang dikirim ke Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) provinsi, sampel dikirim hari Kamis 3 Febuari 2022 ldan keluar pada Sabtu 5 Febuari 2022, pemeriksaan melalui spesimen yang dilakukan secara S Gene Target Failure (SGTF).

Bacaan Lainnya
banner 468x60

Kepala Satgas Covid-19 Bangka Barat Ahmad Nursyandi, mengatakan Ada dua definisi omicron yakni, Probabie Omicron dan kasus konfirmasi Omicron.

“Probabie omicron saat ini ada di Kecamatan Muntok, persisnya dikelurahan Sungai Daeng. Yang mana CN pada saat 31 Januari datang di Bangka Barat berkunjung dirumah kerabatnya di Kecamatan Muntok, kemudian pada tanggal 2 Febuari 2022, kemudian CN ingin kembali lagi ke Jakarta, dan melakukan test antigennya di salah satu klinik di Muntok dan hasilnya positif,” Kata Achmad Nursandi melalui konferensi Pers, (6/2).

Lanjutnya ia mengungkapkan pihaknya langsung bergerak setelah mengetahui hasil antigen tersebut, dan langsung melakukan test PCR terhadap yang bersangkutan dan hasilnya menunjukan positif.

“Mengumpulkan data, serta yang bersangkutan untuk melakukan PCR keesokan harinya, kemudian hasilnya menunjukan positif terhadap yang bersangkutan agar tetap melakukan isolasi dan sempelnya kita kirim ke Provinsi untuk dilakukan test SGTF hasil test SGTF menunjukan Probabie Omicron ,” katanya.

Nursandi mengatakan pasien yang terkonfirmasi COVID-19 itu, saat ini dalam kondisi sehat, dan kini telah menjalani isolasi mandiri dirumahnya dengan pengawasan ketat oleh Satgas Penanganan COVID -19 Bangka Barat. Dan pihaknya berharap kepada seluruh masyarakat agar tidak panik dan terus waspada.

“Tentunya juga kami ingin menyampaikan dengan masyarakat, terkait dengan adanya Probabie Omicron ini, tidak perlu panik dan tetap waspada, kemudian yang belum vaksin segera vaksin yang pertama, kedua dan ketiga, dan ini terbukti yang bersangkutan walaupun positif tapi tidak bergejala dan kita harapkan juga protokol kesehatan jangan lalai terutama memakai masker dengan benar ,” imbuhnya.

Sementara, Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, M. Putra Kusuma menyampaikan, pemeriksaan ini pihaknya berencana mengirim ke pada Badan Penelitian dan Perkembangan (Balitbang) Jakarta, untuk pemeriksaan lebih lanjut. Agar mengetahui bahwa CN terkonfirmasi omicron atau bukan.

“Apakah mengarah ke varian omicron, tapi dari pemeriksaan itu belum bisa dikonfirmasi sebagai kasus omicron. Hasil yang keluar adalah probable omicron bukan konfirmasi omicron. Ini berbeda kalau pemeriksaan,” Kata Putra kusuma di Konferensi Pers, (6/2).

Penjelasan, kasus Probable varian Omicron (B.1.1.529) adalah kasus konfirmasi Covid-19 dengan hasil pemeriksaan laboratorium menunjukkan positif S-Gene Target Failure (SGTF), atau uji deteksi Single Nucleotide Polymorphism (SNP) berbasis PCR mengarah ke varian omicron. Sedangkan untuk, Kasus konfirmasi varian omicron (B.1.1.529) adalah kasus konfirmasi Covid-19 dengan hasil pemeriksaan sekuensing positif Omicron SARS-CoV2.

“Untuk mendapat hasil yang pasti konfirmasi omicron kita ada tes sekuensing. Ini hanya bisa dilakukan di Badan Penelitian dan Perkembangan (Balitbang) Jakarta. di Provinsi Bangka Belitung belum bisa melakukan pemeriksaan ini. Jadi dua model pemeriksaan ini berbeda,” katanya.

Meski demikian, pihak Tim satgas tidak boleh lalai, dengan tracking dan tracing Kewaspadaan dini akan segera dilakukan.

“Walaupun probable tapi Satgas akan meningkatkan status kewaspadaan setara atau lebih tinggi dari konfirmasi omicron walapun ini masih mengarah. Akan kami tingkatkan sisi tracking dan tracing karantina setara perlakukan seperti status omicron ,” bebernya.

“Penanganan omicron sama dengan kasus covid lain, hanya angka reproduksi efektif empat kali lebih besar dari pada varian delta. Lebih cepat menular dan kita sedang menyiapkan seluruh isoter mungkin senin kita sudah buka yang di muntok. Seluruh kasus konfirmasi dan kontak eratnya kita karantina di Muntok,” tandasnya.

banner 468x715

Pos terkait

SEPANDUK PAM
IMG-20221218-WA0105
previous arrow
next arrow
banner 468x60