BANGKA BARAT, MUNTOK – Gubernur Bangka Belitung, Erzaldi Rosman pantau langsung arus mudik di Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, nampak padat kendaraan yang didominasi Truk dibandingkan kendaraan pribadi, Rabu (27/4/2022).

Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, mengatakan kepadatan arus mudik tahun 2022, meningkat berbanding dengan tahun 2021.

“Karena memang distribusi logistik kita dari tahun ke tahun itu naik, naiknya sangat melonjak tajam, tahun ini naiknya 67,7 persen ini sangat luar biasa kenaikannya dan ini sudah diantisipasi dengan baik. Oleh pemerintah Kabupaten Bangka Barat,” Kata Erzaldi Rosman, Selasa (26/4/2022) kemarin.

IMG 20220427 WA0063

Sebelumnya, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka Barat telah menyiapkan lahan kosong yang dimanfaatkan untuk mensiasati lonjakan peningkatan arus mudik.

“Terus adanya buffer zone yang mengurai dari pada kantong – kantong (parkiran, red)Β  kendaraan dan beberapa masyarakat menanggapi positif. mereka merasa lebih nyaman dikarenakan ada toilet, musholla dan restoran kecil – kecilan sekalipun diadakan dadakan,” ujarnya.

Erzaldi menyampaikan pihaknya telah berdiskusi sehubungan dengan akan membuka akses baru dari Muntok ke Sungsang, Sumatra Selatan. Guna menunjang operasional Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok.

“Kalau kesungsang kan butuh waktu 45 menit, kapasitas kapal itu untuk 400 penumpang, insyaallah bisa didarati di Sungsang dan rupanya Pak, Bupati sudah berkoordinasi dengan Kabupaten Banyuasin, dan kabupaten Banyuasin pun sudah menyambut baik dan mereka bisa mendorong kesediaannya angkutan – angkutan untuk menyambung dari aungsang ke kota – kota besar yang ada di Sumatera Selatan,” jelasnya.

“14 trip perhari mudah – mudahan bisa berjalan dengan baik dan yang terpenting kapalnya sehat, petugasnya pun kuat sehingga penumpang aman, nyaman dan selamat,” tambahnya.

Gubernur Erzaldi menghimbau, untuk para pemudik agar menjaga kesehatan dan keamanan masing – masing saat diperjalanan mudik.

“Siapkan segala sesuatunya, dalam kondisi yang harus sehat dan jaga keamanan terutama keamanan diri, dan kalau bawa barang jangan berlebihan, kalau ngantuk mampir, kalau capek istirahat, dan salam kami buat keluarga – keluarga dimanapun, mereka pulang semoga, nanti bisa balik ke Bangka Belitung dengan selamat dan bisa beraktifitas kembali,” pungkasnya.