Toboali – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bangka Selatan menggelar kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) Ansor di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in. Jumat (24/6/22)

Diketahui, Pelatihan Kepemimpinan Dasar ini di ikuti 110 peserta dari berbagai wilayah di Bangka Selatan yang bertujuan membentuk kader militan Nahdlatul Ulama yang siap merawat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan yang digelar di Pondok Pesantren Tarbiyatul Mubtadi’in Toboali tersebut, dihadiri dan dibuka langsung oleh Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid.

Zio Lorenzah Monarek selaku ketua Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Bangka Selatan mengatakan Ansor Banser merupakan organisasi kader, jadi setiap anggota harus lulus PKD bagi Ansor dan diklatsar bagi Banser. Para anggota Ansor juga memiliki tugas penting mengawal para kiai dalam mengemban amanat untuk kepentingan kebaikan dan kemajuan umat, masyarakat, bangsa, dan negara.

Para anggota, ujar dia dalam PKD Pimpinan Cabang GP Ansor Bangka Selatan harus memiliki kemampuan mumpuni untuk terlibat dalam mengatasi persoalan ancaman keutuhan bangsa.

β€œPeserta 110 orang dan mudah-mudahan akan kita maksimalkan sehingga nantinya mereka adalah calon-calon kader yang militan dan mampu menjadikan kader Ansor Babel secara menyeluruh akan lebih maju,” katanya.

Riza Herdavid Bupati Kabupaten Bangka Selatan dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan, Riza menegaskan pentingnya keutuhan NKRI yang mana hari ini sangat nampak tantangan-tantangannya yang merongrong keutuhan NKRI.

“Saya melihat baru-baru ini sebuah video yang dengan sangat mudahnya masyarakat di dokrin anti NKRI. Mereka diberi pertanyaan yang tidak sesuai dengan padanannya sehingga jika kita tidak benar-benar memahaminya, maka akan mudah kita terkelabui oleh mereka-mereka ini yang ingin memecahbelah bangsa yang kita cintai ini,” ungkap Riza.

Riza mengharapkan dengan pengembangan dan pelatihan pemuda khususnya di Bangka Selatan seperti ini, akan menjaga kedaulatan bangsa ini dan tidak mudah dipecah belah oleh orang atau kelompok yang tidak bertangungjawab.

“Saya yakin, kader-kader atau generasi penerus Nahdlatul Ulama saat ini mampu mengembangkan diri dengan lebih cepat dan cakap serta mampu berkolaborasi dengan pemerintah untuk tujuan yang sama yakni menjaga keutuhan NKRI. Dalami materi-materi yang nantinya kalian dapatkan dan tentunya amalkan dilingkungan keluarga dan masyarakat nantinya,” imbuhnya.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua PW GP Ansor Babel Masmuni Mahatma secara virtual menyambut baik kehadiran dan partisipasi pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. Ia mengharapkan akan adanya keterlibatan serta kehadiran Bupati Basel ini menjadi awal yang baik bagi PC GP Ansor maupun warga Nahdliyyin di Kabupaten Bangka Selatan.

“Kami atas nama Pimpinan Wilayah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas support Pak Bupati pada acara kami hari ini, tanpa mengurangi rasa hormat kami karena belum bisa hadir dikarenakan tugas kami yang tidak bisa dihindari. Kami juga mengharapkan kedepan nantinya PC GP Ansor Basel akan menjadi fartner dan akan berkolaborasi dengan pemerintah setempat untuk terus menerus menjaga keutuhan bangsa.” Harapnya.